Kembalikan Formulir ke DPD PAN Kab. Solok: Maigus Paparkan Visi dan Misi

Maigus saat mengembalikan formulir pendaftaran ke DPD PAN Kab. Solok.

Solok, Editor.- Keseriusan Maigus Tinus Manti Batuah untuk maju pada Pilkada Kab. Solok kian mengemuka. Salah satu indikasi tentang hal tersebut adalah dengan pengembalian formulir pendaftarannya sebagai Calon Bupati Solok ke panitia pejaringan calon kepala daerah Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Solok, Rabu (20/19).

Selain mengembalikan formulir pendaftaran, Maigus juga menyampaikan visi dan misi  andai kelak dia mendapat amanah sebagai Bupati Solok pada Pilkada Serentak Tahun 2020. Dimana ia memaparkan dengan lancar dan santun tentang Kabupaten Solok, daerah dengan penghasil berbagai komoditi pertanian dan berpoentensi potensi tinggi di sektor pertanian serta kepariwisataan.

Menurut Maigus, peria kelahiran Talang 26 Mei 1977 tersebut, problem dan tantangan Kabupaten Solok saat ini dan masa kedepan diantaranya adalah, lambannya dan stagnansi  pembangunan dan pertumbuhan ekonomi  Kabupaten Solok, rendahnya investasi di  iklim investasi yang  masih  belum baik. Rendahnya  kualitas Sumber Daya Manusia di  Kabupaten Solok dengan angka  kelulusan siswa pada tingkat SLTA yang berada di peringkat ke 12 (data BPS) Ketergantungan  penghasilan  masyarakat kepada  monokultur (pertanian dengan angka sekitar 38%) dan  minimnya  pengembangan industri jasa dan industri  kreatif  penopang  perekonimian Kondisi infrastruktur dengan 41% dalam keadaan  buruk. Pada hal banyak  potensi daerah yang dapat dikembangkan dan dapat  meningkatkan iklim investasi di  Kabupaten Solok.

“Merujuk  pada  pencapaian  proses pembangunan sebelumnya,  potensi dan isu strategis serta tantangan  ke depan  untuk Kabupaten Solok, maka diperlukan suatu visi untuk  pembangunan  Kabupaten Solok yang  bisa  memberikan  perubahan yang nyata  untuk  Kabupaten Solok,” papar Maigus.

Membahas kondisi  kepemimpinan di Kabupaten  Solok, Maigus menilai, stagnan atau jalan di tempatnya berbagai program pembangunan    di Kabupaten  Solok  karena  minimnya manuver  dan  kreativitas  kepemimpinan selama  beberapa  periode kepemimpinan. Untuk itu dibutuhkan  kepemimpinan  yang  berani, energik,  visioner,  progresif,  dengan gagasan-gagasan  baru, membangun secara  cepat  dan  perubahan  ekstrim.

“Kabupaten  Solok butuh  pemimpin  yang berani, progresif dan bisa  menjadi PR  (public  relation)    untuk  kemajuan dan  perubahan  Kabupaten  Solok,” tegas Maigus. Direktur PT. Insekta Fokustama dan bermukim di Komplek Raffles Hills Cibubur, Jakarta Timur ini.

Sementara itu visi yang diusung Maigus dalam pencalonannya sebagai Bupati Solok adalah, “Menuju  Masyarakat  Kabupaten Solok Yang Religius, Cerdas,  Berkemajuan, Sejahtera dan  Berkeadilan” yang terdiri dari:

Religius; Religius adalah Kabupaten Solok adalah kabupaten yang masyarakatnya menjaga keyakinan beragamanya dengan dicerminkan dalam perilaku sosial keagamaan dan kemasyarakatannya. Cerdas; Cerdas adalah Mewujudkan Kabupaten Solok sebagai kabupaten cerdas dengan pelayanan dan informasi yang cepat, tepat, terbuka dan akurat berbasis infrastruktur  ICT dan SDM yang unggul. Berkemajuan; Berkemajuan adalah mewujudkan pembangunan di berbagai bidang untuk kemajuan Kabupaten Solok.Sejahtera; Sejahtera adalah Tujuan yang harus dicapai dengan standar kemakmuran yang merata. Berkeadilan; Keadilan adalah prinsip yang harus dijaga, dilindungi dan diperjuangkan.

Sementara msinya adalah:  (1) Peningkatan  nilai- nilai  keagamaan  dan kearifan  lokal  dalam  berbagai  aspek kehidupan. (2) Peningkatan  kualitas  pendidikan  dengan membentuk  SDM  unggul  melalui  program rekreasional  kreatif. (3) Pembangunan  struktur  ekonomi  daerah yang  kokoh  berbasis  kearifan  lokal,  melalui program  Nagari  Cerdas  (berbasis  IT). (4) Di sektor  pertanian  dan  pariwisata Penerapan  adat  basyandi  syarak,  syarak basandi  kitabulah  peran  aktif  ninik  mamak, alim  ulama  serta  cadiak  pandai  dalam rencana  pengembangan  daerah. (5) Meningkatkan  kesej ahtraan  masyarakat yang  merata  dan  berkeadilan. (6) Percepatan  pelayanan,  penyederhanaan birokrasi,  terbuka,  dan  transparan  berbasis tekhnologi  dan  Revolusi  Industri  4.0.

Sejak beberapa waktu belakangan, Maigus sering terlihat berada di Kab. Solok dan mengunjungi tokoh masyarakat untuk bersilaturrami dan meminta sumbang saran tentang langkah yang akan diambilnya dalam keikutsertaannya. Seperti berdialog dengan mantan Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi yang juga mantan Bupati Solok selama dua periode dan Ketua Majelis Ulama Sumatera Barat, Gusrizal Gazahar, Lc, M.Ag serta tokoh masyarakat lainnya.

“Saya sangat berterimakasih kepada tokoh masyarakat yang mengapresiasi keikutsertaan saya pada Pilkada Kab. Solok 2018. Sumbang saran yang diberikan merupakan hal yang sangat berarti dalam menjalani tahapan-tahapan yang harus dilalui,” tutur Maigus, alumni Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Andalas, Sumatra Barat tersebut.

Selain bersilaturrahmi dengan tokoh masyarakat, Maigus juga selalu menyempatkan diri menghadiri berbagai kegiatan yang dilaksanakan berbagai oragnisasi social kemasyarakatan di Kab. Solok, serta berdialog dengan berbagai kalangan tentang dinamika pembangunan di Kab. Solok.

“Dengan segala kerendahan hati saya berharap masyarakat Kabupaten Solok mendukung dan memberi amanah kepada saya untuk memimpin Kab. Solok pada Pilkada Serentak Tahun 2020 mendatang, ” harap Maigus yang aktif diberbagai organisasi profesi dan social kemasyakatan, diantaranya sebagai Sekjen Sekjen DPP PKKS (Perkumpulan Keluarga Kabupaten Solok), pada akhir wawancaranya dengan Editor. ** Roni Akhyar

260 Total Dibaca 4 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*