Kejuaraan Dunia Pencak Silat dan Munas PB IPSI akan Digelar di Bali

Jakarta, Editor – Seperti  dianggendakan, Kejuaraan Dunia Pencak Silat 2016, seharusnya jatah Australia sebagai  tuan rumah.  Namun, Australia menyatakan tidak siap,  akhirnya Indonesia ambil alih. Sebelumnya ada tiga daerah yang ditunjuk, Jawa Barat, Kalimantan, dan Sumatera Selatan.  Namun, dengan berbagai pertimbangan, akhirnya  ditetapkan Pulau Dewata, Bali.

Perelatan akbar bela diri kebanggaan  Indonesia ini rencananya akan dilangsungkan di GOR Kila Buana, Denpasar, Bali, 3-8 Desember 2016 mendatang. Pada kesempatan itu, PB IPSI  juga akan  menyelenggarakan Munas .

Eddy Praboowo, Ketua Pelaksana, pada jumpa pers  Selasa  (15/11) di Jakarta mengatakan, kejuaraan dunia pencak silat ke-17 dengan tema  ‘Pencak Silat For The World’,  setidaknya akan diikuti 40 negara. Jumlah atlet peserta dan ofisial diprediksi akan mencapai 2000 orang.

“Ditetapkannya Bali sebagai tuan rumah, kami melihat Pulau Bali mampu mendatangkan banyak pengunjung dari dalam maupun luar negeri lantaran Bali sebagai tujuan  wisata utama dunia. Semoga ajang ini berhasil sukses penyelenggaraan, dan prestasi.Pencak silat adalah kebanggan, prestasi dan budaya rakyat Indonesia,”  ungkap Eddy.

sari-aterPada Kejuaraan Dunia Pencak Silat sebelumnya yang digelar di Phuket, Thailand, Indonesia sukses keluar sebagai  juara umum dengan perolehan 9 medali emas, 2 perak, dan 3 medali perunggu. Untuk gelaran tahun ini, Indonesia akan menurunkan atlet di 24 nomor pertandingan, 18 nomor olahraga dan 6 nomor seni.

Ada yang menarik pada kejuaraan dunia kali ini. Tuan rumah Indonesia juga akan menggelar Festival Pencak Silat. Dalam ajang festival tersebut, Erizal Chaniago, Sekum PB IPSI  menyebutkan,  peserta akan menampilkan atraksi menarik. berpasangan dan beregu, diiringi musik trasdisional, serta tampilan menggunakan senjata. “Penampil terbaik akan diberikan award dan penghargaan,” sebut Ical, panggilan akrab Erizal Chaniago.

Pada kejuaraan dunia tersebut, PB IPSI juga akan menyelenggarakan Munas  untuk memilih ketua umum IPSI periode berikutnya. Menurut Erizal Chaniago, pada Munas yang akan dilangsungkan pada 4 dan 5 Desember ini, sebagian besar Pengprov IPSI ,  menginginkan Prabowo Subianto dipilih kembali menjadi Ketua Umum periode 2016-2020.

Ditambahkan Erizal, dibawah kepemimpinan Prabowo, cabang olahraga pencak silat berkembang pesat di dunia, serta pada SEA Games 2011 lalu, Indonesia keluar sebagai juara umum dengan menyabet 9 dari 18 nomor yang dipertandingkan .

Disebutkan Erizal, agenda Munas IPSI secara teknis adalah penyempurnaan AD/ART dan peraturan pertandingan, serta pemilihan ketua umum. Sampai saat ini kami tidak memakai sistem penjaringan untuk calon ketua umum berikutnya, namun, kita akan lihat perkembangannya nanti.  ** Wisja

 

 

1581 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*