Keberadaan Betor di Ujung Gading, Butuh Perhatian Pemkab Pasbar

Salah seorang penarik Betor di Ujung Gading.
Salah seorang penarik Betor di Ujung Gading.

Ujung Gading, Editor.- Masyarakat Ujung Gading , Kec Lembah melintang Kab Pasaman Barat sangat mebutuhkan Becak Motor (Betor) di Pasar Nagari. dengan adanya Betor arus transportasi menjadi lancar, Baik itu di seputar Nagari Ujung Gading ataupun keluar kecamatan.

Salah seorang penarik Betor, Ucok, warga Kuamang Alai mengatakan, hampir 200 unit Betor beroperasi setiap harinya. Rata rata pendapatan per harinya kisaran 100 ribu rupiah kotor , kira kira 70 ribu bersih sampai ke rumah di stor sama istri, katanya tersenyum, sambil menyereruput kopi hitam nya.

Mennurut Ucok, saat perekonomian sekarang ini sulit, penghasilan hanya pas untuk makan. Dari itu diharapkan ada semacam pembinaan atau bantuan oleh Pemkab Pasaman Barat agar ekonomi para penarik Betor lebih baik lagi.

“Selama ini kita d biarkan berjuang sendiri dan sampai saat ini kami belum pernah dapat bantuan dari Pemkab,” ujar Ucok.

Populasi Betor di Ujung Gading tersebar dari beberapa jorong di kecamatan Lembah Malintang dan merupakan ciri khas moda transportasi Nagari Ujung Gading yang unik.

Dalam pengembangannya perlu perhatian Pemkab Pasbar terhadap keberlangsungan penarik Betor, karena Betormerupakan salah satu solusi mengurangi jumlah angka pengangguran di tengah masyarakat. ** Arwin

136 Total Dibaca 4 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*