KAN Nagari Baringin Akan Pimpin Penyegelan Tanah

Tanah Datar, Editor.- Buntut belum adanya penyelesaian sengketa tapal batas jorong Bukit Gombak Nagari Baringin Kecamatan V Kaum dengan Jorong Sei Ameh Nagari Saruaso Kecamatan Tanjung Emas, pemilik ulayat setempat akan melakukan penyegelan tanah ulayat pusako tinggi masing-masing suku di lapangan Dang Tuanku Bukit Gombak.

Dalam rapat rencana aksi yang langsung dipimpin Ketua KAN N. Malin Marajo didampingi sekretaris M. Dtk. Mantari Sakampung juga membicarakan orasi ke DPRD untuk mendesak para wakil rakyat tersebut agar segera memintah Pemkab segera memfasilitasi penyelesaian sengketa tapal batas.

Rapat yang berlangsung di Kantor KAN Baringin, Selasa, juga dihadiri Ketua BPRN Wel Ahmad, Seknag Baringin Arif Budi Eka Putra, Ketua Ninikmamak Jorong Bukit Gombak Sy. Pangulu Mudo, Ketua Pemuda Hen Malin Tungga, Kepala Jorong Emi Narni, Datuak Pucuak Pasukuan Mandaliko Imna Roza Paduko Sinaro, Tore Mangun Datuak Pucuak Suku Sumpu dan A. Dtk Sinaro.

Pada rapat yang terlihat cukup memanas tersebut membicarakan tahapan-tahapan tentang rencana tindak lanjut pemagaran ulayat pusako tinggi masing-masing pasukuan. Pemagaran tersebut dampak dari tidak seriusnya Pemkab Tanah Datar dalam memfasilitasi penyelesaian tapal batas antar dua nagari.

Ketua BPRN Wel Ahmad pada kesempatan tersebut mengingatkan kepada Ketiga Datuak Pucuak yang memiliki ulayat pusako tinggi di Lapangan Dang Tuanku Bukit Gombak agar bertindak tidak melawan hukum, atau tidak memagar fasitas-fasilitas umum yang kebetulan bersentuhan lansung dengan fasitas umum, seperti jalan.

Sementara itu Seknag Baringin Arif Budi Eka Putra mengatakan pemerintah nagari dalam hal ini bisa memfasilitasi saja, meski demikian Seknag berpesan agar masyarakat yang ikut aksi jangan terpancing untuk melakukan hal-hal yang anarkis tetap bertindak dengan mengunakan otak.

Dalam persiapan menindak lanjuti hasil keputusan rapat KAN, BPRN, Pemerintahan Nagari dan Ninikmamak di kantor KAN setempat maka masyarakat Jorong Bukit Gombak lansung melaksanakan rapat di Jorong setempat pada  pukul 19.30 WIB. yang dihadiri olehWakil Ketua KAN Nagari baringin AA Datuak Paduko Sutan yang merupakan anak nagari setempat dan dihadiri oleh ratusan masyarakat Bukit Gombak bertempat di mesjid Darussalam yang merasa terusik dengan adanya oknum yang mematok tanah yang ada di lapangan Pacu Kuda Bukit Gombak tersebut. ** Jum-Tia

878 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*