Kadishubkominfo Sumbar Amran, SE,MM: Diperlukan Pers Berintegritas Tinggi

Padang, Editor.- Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkomimfo) Sumbar Amran, SE, MM membuka secara resmi kegiatan Workshop Integritas Pers Dalam Mewujudkan Pemerintahan yang Bersih dan Transparan di aula Dishubkomimfo, Jumat (20/5). Kegiatan yang dimaksudkan untuk memberdayakan informasi bagi masyarakat ini diikuti puluhan wartawan di Padang.

Menurut Amran, dalam era keterbukaan informasi sekarang ini, peranan sangat dibutuhkan sekali, terutama dalam memberdayakan informasi-informasi kepada masyarakat. Sebab, bagaimanapun masyarakat itu sendiri juga butuh informasi dan sekaligus juga menyimpan banyak informasi yang belum terpublikasikan.

“Untuk itu, diperlukan pers yang memiliki integritas tinggi dalam rangka menyebarluaskan informasi publik ke masyarakat, termasuk informasi bersifat kritik yang konstruktif. Sehingga dengan demikian akan mendorong terlaksananya pemerintahan yang bersih dan transparan dalam membangun negeri ini,” katanya.

Dalam workshop ini tampil beberapa pembicara, seperti mantan anggota DPRD Sumbar Syukriadi Syukur, dan Zardi Syahrir dari Biro Humas Setdaprov Sumbar. Syukriadi Syukur sendiri menilai, keberadaan pers dewasa ini sangat penting dalam mewujudkan pemerintahan yang good governement (bersih dan berwibawa).

Syukriadi mencontohkan, kegiatan pembahasan APBD di lingkungan DPRD Sumbar yang melibatkan unsur masyarakat dimaksudkan agar dapat menampung aspirasi dari masyarakat itu sendiri. “Sebab, kalau tidak demikian, bagaimana pemerintah tahu apa-apa yang dibutuhkan masyarakatnya,” ujar politisi PPP itu.

Sementara di sisi lain, Zardi Syahrir mengakui masih kurangnya informasi dari masing-masing lembaga pemerintah provinsi kepada masyarakat, saat ini. “Kita mengakui, saat ini informasi-informasi penting dari lembaga pemerintah itu masih kurang terpublikasikan kepada masyarakat. Untuk itu, perlu kerjasama lebih baik lagi guna mewujudkan hal itu,” sebut Zardi.**Martawin

 

616 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*