Kadis Koperindag Kab. Tanah Datar Terkena OTT

Kapolres Tanah Datar AKBP Rokhmad Hari Purnomo memperlihatkan Barang Bukti (BB) OTT.
Kapolres Tanah Datar AKBP Rokhmad Hari Purnomo memperlihatkan Barang Bukti (BB) OTT.

Batusangkar, Editor.- Polres Tanah Datar berhasil  mengamankan uang tunai sebesar  Rp20 juta terkait dengan  Operasi Tangkap Tangan (OTT) Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag)  Tanah Datar, MR.

Hal ini disampaikan oleh Kapolres Tanah Datar AKBP Rokhmad Hari Purnomo yang didampingi Kasat Reskrim AKP Purwanto  saat Press Comperence di Mapolres Tanah Datar Rabu (25/9)

Selanjutnya Kapolres mengatakan , MR ( Marwan)  ditangkap di ruang kerjanya saat menerima uang  dari salah seorang kontraktor proyek pembangunan Pasar Koto Baru, Kecamatan X Koto. Adapun uang tersebut diminta untuk kepentingan pribadi tersangka yang diduga merupakan fee atas pembangunan pasar Koto Baru.

Penangkapan terhadap MR dipimpin langsung  oleh Sat Reskrim Polres Tanah Datar AKP Purwanto pada hari  Selasa  tanggal 24 September 2019 setelah mendapat informasi,  ada seorang kepala dinas yang  meminta uang  kepada  salah seorang kontraktor yang  melaksanakan pekerjaan pembangunan proyek di pasar Koto Baru Kecamatan  X Koto yaitu SY yang merupakan Direktur utama PT Hari Putra Utama.

Selanjutnya unit Reskrim Polres Tanah Datar melakukan penyelidikan dan  pengintaian serta membuntuti  SY sampai ke kantor  Dinas Koperindag Tanah Datar yang terletak di Batu Balang Batusangkar.

Sekitar  pukul 16.00 wib SY keluar dari ruangan kerja MR dan  menuju mobilnya yang terpakir dihalaman kantor tersebut, dengan sigap Kasat Reskrim bersama anggotanya menyuruh kembali  SY memasuki ruangan Kerja MR dan diruang kerja MR ditemukan uang pecahan Rp 100 ribu sebesar Rp 20 juta yang dibungkus dengan amplop dengan posisi dibawah tas hitam kecil  yang terletak di meja kerja MR, ujar Kapolres.

hDitambahkan Kapolres, selain uang sebesar Rp 20 juta juga diamankan 2 unit handpone dan KTP sebagai barang buktilainnya.Dan kepada  kedua tersangka saat ini telah diamankan di Polres Tanah Datar serta  akan di jerat dengan pasal yang berbeda.

Tersangka MR  bakal dijerat dengan pasal 12 huruf (a) jo pasal 11 UU No.20 Tahun 2001 tentang perubahan UU No.30 tahun 1999 tentang tindak pidana korupsi dengan ancaman maksimal 20 tahun dan untuk  tersangka SY yang memberi suap akan dikenakan pasal 5 huruf (b) UU No. 20 tahun 2001 tentang perubahan UU No 31 Tahun 1999 tentang pemberantasan korupsi  dengan ancaman maksimal 4 tahun penjara, ungkap Rohkmat Hari Purnomo. ** Jum

246 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*