Kades Susyanto, DPT, Sukses Bangun Jalan Lingkungan di Desa Tanjung Muda




Susyanto, DPT.
Susyanto, DPT.

Sungai Penuh, Editor.- Kepala Desa Tanjung Muda Kecamatan Hamparan Rawang, Susyanto, DPT dinilai sukses membangun desanya, baik segi pembangunan akses jalan lingkungan maupun segi keagamaan.

Jalan lingkungan di Desa Tanjung Muda
Jalan lingkungan di Desa Tanjung Muda

Saat ditemui Editor di kediamannya di Desa Tanjung Muda Kecamatan Hamparan Rawang Kota Sungai Penuh, Kamis (17/5)  Susyanto,  DPT menuturkan, dia memang ingin mewujudkan desanya menjadi desa yang maju. Baik dari segi prasarana jalan lingkungan maupun pendidikan agama bagi anak-anak dan remaja.

“Sebelum menjadi kepala desa, saya melihat jalan lingkungan sangatlah tidak memadai karena sempit dan tidak bisa dilalui kendaraan roda empat. Namunatas kehendak Allah saya diminta oleh masyarakat ntuk mencalonkan diri menjadi kepala desa Tanjung Muda. Alhamdulillah saya terpilih pada tahun 2014,” jelas Susyanto

Lebih lanjut dikatakannya, awal programnya adalah di bidang pembangunan fisik. Yakni jalan lungkungan. Kini terbkti  jalan lingkungan yang semula semula hanya dilewati kendaraan roda dua, saat ini sudah bisa dilewati oleh kendaraan roda empat.

“Pembangunan jalan lingkungan ini saya lakukan karena sebagian besar pendudk desa kami adalah pebisnis, baik di bidang jual ternak maupun jual padi. Ini semua membutuhkan akses jalan yang memadai untuk jalur pengangkutan barang dan ternak tersebut,
jelas Susyanto, DPT.

Penahan banjir Batang Merao di Desa Tanjung Muda.
Penahan banjir Batang Merao di Desa Tanjung Muda.

Menurut Susyanto, saat ini sudah tahun ke empat dia menjabat sebagai Kepala Desa Tanjung Muda. Dalam kurun waktu tersebut juga sudah dibangun tanggul penahan banjir sepanjang 1 KM. Tanggun  ini cukup membantu untuk mengatasi banjir saat sungai Batang Merao meluap, seperti yang terjadi selama ini. Setiap hujan lebat sungai Batang Merao pasti meluap dan mengakibatkan banjir dan merendam rumah warga.

“Alhamdulillah. Setelah tanggul penahan ini kami buat banjir bisa diatasi dan tertahan oleh tanggul tersebut,” tutur Susyanto.

Disegi keagamaaan bagi kaula muda, Susyanto juga selalu memfalitasinya, terutama pendidikan agama dan pengajian, karena mereka adalah generasi penerus.  Dengan adanya pendidikan agama dan pengajian bagi kaula muda, Desa Tanjung Muda 3 kali berturut-turut mendapat juara umum MTQ Tingkat Kecamatan Hamparan Rawang.

“Saya tetap akan berbuat yang terbaik untuk masyarakat saya khususnya dan saya akan juga berniat untuk berbut lebih lagi kalau Allah mengizinkan,” tegasnya.

Saat ditanya apakah dia beniat maju menjadi Anggota DPRD Kota Sungai Penuh, dengan tegas dia menjawab kalau memungkinkan saya siap maju.

Di tempat terpisah Editor juga mewancarai tokoh mayarakat, Yuzarlis. PPS. Dia membenarkan seluruh keterangan Susyanto. Selama Susyanto menjadi Kades Tanjung Muda sudah sangat banyak kemajuan. Diantaranya pembangunan  jalan lingkungan sudah lebih besar dan tembok penahan banjir di sepanjang sungai Batang Merao.

“Ini sangat bermanfaat bagi kami masyarakat dan sangat bertemakasih kepada kepala desa sekarang, karena selalu mendengar aspirasi masyarakat dan mengerti akan kebutuhan masyarakat,”  kata Yuzarlis, PPS. ** Khumaini

333 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
WhatsAppFacebookTwitterYahoo MailLineGoogle GmailEmailYahoo BookmarksShare

Komentar

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*