KABA Festival 6 Digelar 1-3 November 2019 di Ladang Tari Nan Jombang, Padang

Padang, Editor.- Banyaknya festival-festival seni pertunjukan yang hadir setiap tahunnya di Indonesia, menunjukan bahwa Indonesia memiliki banyak seniman seni pertunjukan yang berpotensi. Panggung harus diberikan untuk mereka agar mereka bisa memperbaiki kualitas karya setelah mempertunjukannya.

Untuk itu sudah selayaknya mereka selalu diberikan apresiasi lebih untuk mempertunjukan progres dari proses yang mereka jalani. Keikhlasan mereka dalam menekuni bidang ini juga harus dikabarkan kepada dunia agar dunia tahu bahwa potensi seniman pertunjukan di Indonesia tidak akan pernah habis dan akan selalu ada. Inilah yang menjadi salah satu alasan Nan Jombang Grup bersama komunitasnya Galombang Minangkabau menghadirkan KABA Festival yang tahun ini memasuki tahun ke-6.

Di tahun ini, KABA Festival lebih memfokuskan diri untuk menghadirkan potensi Nusantara. Seperti yang di katakan oleh Ery Mefri selaku pimpinan Nan Jombang Grup dan Galombang Minangkabau.

“Tahun ini kita lebih fokus kepada potensi di nusantara khususnya Indonesia, karena itu yang kita butuhkan saat in. Tidak hanya itu, pada tahun ini juga akan ada Buyers yang akan hadir, sudah ada beberapa Buyers yang sudah memastikan untuk hadir”, tambahnya.

Akan ada 10 seniman yang akan tampil di KABA Festival yang ke-6 ini. Dari sepuluh peserta, didominasi oleh seniman dari Indonesia. Dijelaskan juga oleh Ery bahwa pemilihan peserta yang akan tampil ini telah melalui kurasi yang sangat lama.

“Kali ini kita mengundang 9 peserta dari indonesia dan 1 dari malaysia, mereka kita pilih melalui sistem kurasi yang sangat lama. Kita memantau proses mereka secara terus menerus dari media sosial ataupun kabar dari teman-teman kita yang berada dekat mereka. Yang paling penting proses mereka bukanlah proses dalam rangka,” tegasnya.

Adapun peserta yang hadir adalah Nan Jombang DC (Padang), Impessa DC (Padang), Griya Tari Widyarini (Jakarta), Satampang Baniah (Padang), Tankcer Dance Studio (Tanjung Pinang), Suhaimi Magi – Suhairin Kadir (Malaysia), Komunitas Tari Galang (Padang), Mustika Minang II (Pariaman), Ayu Permata Dance Company (Lampung-Yogyakarta), Alfianto Wajiwa (Bandung) dan Suhaimi Magi – Fahezul Azri (Malaysia).

KABA Festival tahun ini masih tetap disponsori oleh Bakti Budaya Djarum Foundation dan juga oleh para kolega keluarga besar Nan Jombang Grup.

Angga Djamar selaku direktur festival menjelaskan, “tahun ini kita tidak difasilitasi oleh pemerintah pusat ataupun daerah, namun kita tetap dibantu oleh Bakti Budaya Djarum Foundation sebagai sponsor kita dan juga oleh kolega keluarga besar kita”, terangnya.

Perhelatan KABA Festival tahun ini akan dihelat selama 3 hari berturut-turut yaitu tanggal 1-3 november 2019 bertempat di Ladang Tari Nan Jombang, Rimbo Tarok, Kel. Gn Sarik, Kec. Kuranji, Padang. ** Rell

274 Total Dibaca 2 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Advertisements
Advertisements
Advertisements
Advertisements
Previous Image
Next Image

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*