Jonpriadi, Studi EHRA Adalah Ruh Strategi Kabupaten

Parit Malintang, Editor.- Study Environment Health Risk Assessment (EHRA) atau Studi Primer tentang Penilaian Resiko Kesehatan Lingkungan serta Prilaku Hidup Bersih dan Sehat di Padang Pariaman, sudah bisa menyelesaikan Pemetaan Profil Sanitasi Kabupaten Padangpariaman.

Hal ini disampaikan Sekdakab Padang Pariaman Jonpriadi, SE, MM pada saat membuka rapat Kelompok Kerja Pokja, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, Study Environment Health Risk Assessment (EHRA) yang dilaksanakan oleh Kelompok Kerja (Pokja) Sanitasi Kab. Padang Pariaman tahun 2016 yang dimotori oleh Dinkes adalah Ruh Kualitas Penulisan Dokumen Perencanaan Strategis. Yaitu Dokumen Strategi Sanitasi Kab. Padang Pariaman Tahun 2017-2021.

Dalam siaran pers Humas Sekdakab Padangpariaman, Jonpriadi, SE, MM yang sekaligus sebagai Ketua Pokja Sanitasi Kab. Padang Pariaman di saat memimpin rapat Monev Bulanan Periode Juni tgl 15 Juni 2016. dia hanya memberi toleransi Deviasi Data maksimal 10% per Item penilaian per nagari dalam Study EHRA tersebut.

Dijelaskan, pada rapat Monev bulanan ini ditargetkan Pokja sudah bisa menyelesaikan Pemetaan Profil Sanitasi Kab. Padang Pariaman meliputi Sub Sektor Air Limbah Domestik, Persampahan, Drainase Lingkungan serta Prilaku Hidup Bersih dan Sehat sesuai program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). Ini merupakan bagian pencapaian target Program Universal Akses melalui Program Percepatan Pembangunan Sanitasi Kabupaten Padang Pariaman Tahun 2016.

Materi rapat Monev kali ini antara lain pembahasan gambaran wilayah, kemajuan pelaksanaan Strategi Sanitasi Kabupaten (SSK) yang telah disusun tahun 2012, Profil Sanitasi Kab. tahun 2015 dan area berisiko serta permasalahan mendesak sanitasi Kabupaten Padang Pariaman 5 (Lima) tahun ke depan.

Rapat juga dihadiri para Ketua Bidang dan Koordinator, Sekretariat Pokja Sanitasi Kabag Ekbang Teguh Widodo, AKs. MTP beserta Tim dari Ekbang Indra Gandhi, ST, MSi dan Oriza Santiva, SE kemudian SKPD terkait KLH, Bappeda, Dinas Kesehatan dr. Aspinuddin, DPU dan Tenaga Ahli City Fasilitator PPSP yang Smart Teddy Yantaria Riza, ST.

Selain itu rapat juga menghasilkan beberapa keputusan penting juga disepakati akan dibentuknya Tim Percepatan Penyusunan SSK Kabupaten Padang Pariaman 2017-2021 melalui penerbitan SK Ketua Pokja Sanitasi atau Sekretaris Daerah sesegeranya. ** Suger

813 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*