Joni Saputra Juara Pelopor Ketahanan Pangan Sumbar 2016

Payakumbuh, Editor.- Ketua Keltan  Tanjung Subur di Nagari Aur Kuning,  Kecamatan Payakumbuh Selatan, Joni Saputra keluar sebagai juara pertama dalam pemilihan Pelopor Ketahanan Pangan Sumatera Barat 2016. Pemilik perusahaan coklat Colato Payakumbuh ini, berhak mewakili provinsi Tuah Sakato ini ke lomba yang sama tingkat nasional.

Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi didampingi Kepala Kantor Ketahanan Pangan Payakumbuh, Antoni Jaya, di Balaikota di Bukik Sibaluik Payakumbuh, menginformasikan, Jumat (1/7), prestasi yang diukir Joni Saputra itu, jauh hari sudah diperkirakan banyak pihak. Yang bersangkutan, selama ini cukup gigih membina kelompok tani, terutama komunitas tanaman kakao.

“Tak heran, jika Joni masih dipercaya sebagai Ketua KTNA (Kelompok Tani Nelayan Andalan) Kota Payakumbuh, sejak lima tahun lalu hingga sekarang,” tambah Antoni.

Dikatakan, sebagai sosok yang gigih dalam mengolah kakao menjadi coklat, Joni Saputra, tahun 2013, juga dikirim Pemprov Sumatera Barat  meningkatkan kemampuannya dalam prosesing coklat ke Kota Paris,  Perancis.

Petani kakao di Kelurahan Kapalokoto Ampangan di Nagari Aur Kuning, mengelola sebuah pabrik coklat mini bantuan Kementerian Pertanian pada 2011. Produksinya masih terbatas, puluhan kilogram per hari.

Sesuai jadwal, pemilihan  Pelopor Ketahanan Pangan Tingkat Nasional, akan dilakukan awal Agustus 2016. Tim penilai pusat akan melakukan verifikasi ke Payakumbuh, guna meninjau langsung ke lapangan, sejauh mana peran Joni dalam meningkatkan produksi tanaman pangan di Payakumbuh. “Jika Joni sukses merebut juara, kemungkinan Joni akan hadir di Istana Negara Jakarta, guna menghadiri peringatan HUT RI k-71 tingkat nasional. 17 Agustus mendatang. ** Yus

668 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*