Jembatan di Desa Koto Panjang Kubang, Kab. Kerinci Ambruk

Jembatan di Koto Panjang yang ambruk.
Jembatan di Koto Panjang yang ambruk.

Kerinci, Editor .- Pembangunan jembatan di Desa Koto Panjang Kubang, Kecamatan Depati Tujuh, Kabupaten Kerinci, terkesan dipaksakan. Pasalnya, terlihat besi yang dipergunakan besi bengkok. Sehingga mendapat kritik dan potes dari warga dan pemerintah desa setempat.

Kenyataannya baru berumur 5 bulan jembatan Koto Panjang ambruk dengan sendirinya tanpa ada beban yang melewati jembatan tersebut, Ambruknya jembatan Koto Panjang ini terjadi pada hari Rabu (14/8/2019) jam 19.00 WIB dikarenakan gagal kontruksi.

Kegiatan pembangunan tahun anggaran 2018 dengan nilai kontrak Rp. 400 juta, telah habis masa kontrak. Namun, hingga 2019 masih dalam pengerjaan. Info yang diterima, kegiatan telah diperpanjang selama 50 hari kalender yang seolah – olah dipaksakan.

Seperti dikeluhkan salah seorang warga setempat yang enggan disebutkan namanya, mengaku khawatir dengan pemasangan besi bengkok oleh rekanan kontraktor.

“Kita khawatir dengan daya tahan jembatan, makanya kita minta agar besi jembatan ditukar karena sudah tidak layak lagi. Namun pihak rekanan tidak mengindahkan atas kekhawatiran warga. Inilah akibatnya, jembatan ini ambruk, “ ungkap warga kepada Editor.

Kepala Desa Koto Panjang Kubang, Rafli juga mengungkapkan hal yang sama. Saya beserta masyarakat menolak untuk menerima hasil perkerjaan jembatan yang berda di desa kami dan bertepatan beralokasi didepan rumah saya ungak Kades, untuk itu saya dan warga meminta untuk segera di tangani masalah material jembatan yang amblas, supaya tidak terjadi resiko longsornya tebing juga banjir saat Hujan menghambat air maka mengkibatkan meluap ke jalan dan longsornya tebing. Ungkap Rafli kepala desa kepada Editor.

Pengakuan Rafli, selama kegiatan pembangunan, dirinya tidak pernah melihat adanya pengawas di lapangan.

“Kami tidak pernah lihat ada pengawasan datang, kalau tidak diawasi tentunya kontraktor bisa semena-mena mengerjakan kegiatan,” sebutnya. ** KM

219 Total Dibaca 2 Dibaca hari ini
WhatsAppFacebookTwitterYahoo MailLineGoogle GmailEmailYahoo BookmarksShare

Komentar

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*