Jambore PRB Latih Skill Kader Desa

Salah satu kegiatan Jambore PRB.
Salah satu kegiatan Jambore PRB.

Mentawai, Editor.- Pada Jambore Pengurangan Resiko Bencana (PRB) ke VI yang dihadiri  kader desa Siaga Bencana (KSB) yang dilatih skill.Nantinya peserta bisa  mengembangkan ilmu tersebut di desa masing masing  kota / kabupaten.

Mentawai sendiri   mengirim Desa Tuapejat, Sido Makmur  Bukit Pamewa utusan dari desa masing di mana nanti bisa menjadi  kader siaga  pengurang Resiko Bencana Desa  masing masing ungkap Kepala Pelaksana BPBD Mentawai, Novriadi di Mapaddegat, Selasa, (23/07).

BPBD Mentawai memiliki KSB di setiap desa dan Kader Satgas serta 100 Relawan pada 10 kecamatan di kabupaten kepulauan Mentawai.Satgas tingkat kecamatan memiliki kemampuan untuk membina KSB di Desa.

Maka melalui Jambore ini, pihaknya memberikan pengetahuan terhadap KSB secara mandiri. “Dengan tujuan, agar dapat memperbanyak relawan bencana di setiap desa sesui pelatihan yang di pelajari,” jelas Kalaksa Mentawai, Novriadi.

Dia mengatakan, ada sebagian Satgas yang tidak aktif. Tentunya ini menjadi Tugas bagi pihaknya agar aktif kembali. Begitu juga dengan sarana dan prasarana. Ditambah dengan peralatan Komunikasi dan Biaya Operasional. Dan ia mengupayakan pada perubahan anggaran ini dapat aktif kembali.

Terdapat 43 Desa dari 33 Desa rawan tsunami selain Banjir dan tanah longsor. Untuk menanggulangi hal tersebut BPBD Mentawai dan Desa terkait telah membuat jalur Evakuasi tegak lurus dengan pantai. ** Afridon.

240 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*