Iswandi Ikut Tangani Kebakaran, Wawako Padang Beri Santunan

Padang, Editor.- Peristiwa kebakaran menghanguskan satu unit rumah dan empat kios di Jalan Proklamasi Terandam, Kecamatan Padang Selatan. Peristiwa naas itu terjadi sekitar pukul 11.45 WIB, pada Rabu (14/9).

Sekretaris Komisi IV DPRD Kota Padang Iswandi Muchtar langsung turun ke lokasi kebakaran. Dengan sigap, anggota dewan dari daerah pemilihan Kuranji-Pauh ini turun tangan langsung membantu petugas Pemadam Kebakaran yang sedang berusaha memadamkan api.

Tidak itu saja, Iswandi juga terlihat ikut membantu polisi dalam mengatur lalu lintas kendaraan yang melewati jalan tersebut. Ia pun menghimbau masyarakat agar tidak menonton kejadian yang menyebabkan terhalangnya kelancaran tugas Pemadam Kebakaran melaksanakan tugasnya.

Pantauan wartawan di lokasi kebakaran, dari kejadian tersebut, warga menduga, penyebab kebakaran berasal dari kompor gas salah satu kios yang menjual makanan.”Sebelum kebakaran ada bunyi kompor gas meledak. Ledakan tersebut menyabar tiang listrik yang tidak jauh dari kios penjual makanan tersebut,” kata Dayat, seorang saksi mata di lokasi kejadian.

Saat mengetahui ada rumah dan kios yang terbakar, warga langsung berhamburan. Karena lokasi kebakaran terletak di jalan utama, juga mengakibatkan kemacetan panjang. Beruntung petugas kepolisian memblokir jalan ke lokasi kebakaran sehingga warga yang hendak menyaksikan peristiwa ini tidak bisa mendekat. Sementara untuk memadamkan api, petugas dari Pemadam Kebakaran menggunakan tiga unit mobil kebakaran. **Arman

Dikunjungi Wawako Emzalmi

Wakil Walikota Padang Emzalmi kunjungi lokasi kebakaran yang berada di Jl. Proklamasi No.39 dan 41 RT.08 RW.02 Kel. Alang Lawas Kec. Padang , Rabu (14/9) sore. Saat kunjungan, Emzalmi didampingi oleh Wakil Ketua  DPRD Kota Padang Wahyu Iramana Putra, Kepala Dinas Sosial Kota Padang Amasrul, Camat Padang Selatan Fuji Astomi, serta Lurah dan  unsur terkait lainnya.

Wakil Walikota Padang Emzalmi kunjungi lokasi kebakaran.
Wakil Walikota Padang Emzalmi kunjungi lokasi kebakaran.

“Kita turut prihatin atas musibah yang menimpa masyarakat kita ini, semoga mereka diberikan ketabahan oleh Allah Swt. Kepada korban yang tertimpa musibah, agar selalu tegar dan tawakal kepada Allah. Karena dalam setiap kesulitan yang datang kepada diri kita, Allah pasti memberikan sesuatu yang terbaik nantinya kepada kita,” nasehat Emzalmi kepada korban kebakaran.

Kesempatan itu juga, Wakil Walikota Padang Emzalmi menyerahkan bantuan kasur dan juga berbagai macam keperluan lainnya untuk sementara meringankan beban dari korban bencana kebakaran.

Dihadapan Emzalmi, salah seorang kelurga korban kebakaran bernama Lia (35) mengatakan, rasa terimakasihnya kepada pihak Wakil Walikota, juga unsur yang hadir dan telah memberikan rasa prihatinya untuk melihat kondisi mereka.

Lia juga menceritakan kepada Emzalmi bagaimana kejadian, ia berada di Pasar Raya.”Waktu  kebakaran saya dihubungi tetangga, katanya rumah kami kebakaran, mendapat informasi tersebut, saya langsung pulang ke rumah, namun tidak bisa menyelamatkan pakaian dan juga harta,” ungkapnya sambil menangis.

Saat dilokasi, Kepala Dinas Sosial Amasrul mengatakan, untuk tanggap darurat kali ini, mereka telah memberikan beberapa bantuan untuk keperluan para korban, yaitu pakaian, selimut, makanan, makanan bayi, serta tenda untuk mereka beristirahat, dan juga beberapa alas tempat tidur yang disediakan untuk para pengungsi.

“Untuk sementara kita menyediakan keperluan sehari-hari dahulu, nanti untuk pakaian sekolah dan alat belajar, kita sedang menunggu data dari pihak kelurahan terlebih dahulu, apakah itu diperlukan atau tidaknya,”ujarnya.

Kesempatan itu, Camat Padang Selatan Fuji Astomi mengatakan sangat berterimakasih kepada Wakil Walikota Padang, dan juga Dinas Sosial, yang telah memberikan bantuan tanggap darurat yang cepat kepada masyarakat di Kelurahan Alang Lawas ini, kemudiantak Lupa ia sampaikan rasa bangganya kepada element masyarakat yang saling bahu – membahu dalam melakukan tanggap darurat saat kebakaran terjadi.

“KSB, TAGANA, dan juga kepada seluruh element masyarakat bergotong royong dan saling membantu, membuat saya bangga dengan mereka, kalau tidak dilakukan hal yang seperti itu terlebih dahulu, maka kondisi rumah yang rapat seperti saat sekarang ini, kemungkinan akan meluas dan menambah lagi bangunan yang terbakar,”ungkapnya. **Arman

790 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*