Irwan Prayitno, PPKD Merupakan Upaya Bangkitkan Kembali Nilai-Nilai Kebudayaan Daerah

Padang, Editor.-  Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah (PPKD) merupakan upaya membangkitkan kembali nilai-nilai kebudayaan daerah sebagai upaya pelestarian dan sebagai khas unik budaya daerah masing-masing. Tentu potensi akan mampu memperkaya khasnah budaya sebagai kebanggaan daerah.

Hal ini disampaikan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno saat membuka Singronisasi Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah (PPKD) Se-Sumbar di Hotel Bumi Minang, Rabu (21/11).

Dalam acara tersebut sebanyak 150 orang peserta hadir yang teridi dari Bupati dan Walikota Se-Sumbar,  Kepala Dinas dibidang pusat kebudayaan se-Sumbar,  budayawan se-Sumbar  dan tim ahli penyusun PPKD se Sumbar.

Lebih lanjut Gubernur Irwan Prayitno menyampaikan, acara singkonisasi ini tidak hanya membahas ragam kebudayaan Minangkabau yang ada di Sumbar namun mengumpulkan PPKD Se-Sumbar kepada kepala daerah untuk mendokumentasika agar budaya sumbar budaya sumbar tidak hilang.

Kepada Bupati /walikota, jangan sampai menganak tirikan budaya karena disitu ada nilai ekonominya dan juga sosial kemasyarakat yang dapat jadi pelajaran dan pengetahuan. Ada dinas kebudayaan daerah salah satu adalah untuk membangkitkan kebuduayan daerah yang mulai ditinggal masyarakatnya, ujar Irwan

Irwan Prayitno juga menyangkan masih ada enam daerah yang belum menyerahkan PPKD yang terdiri dari Kota Padang, Kota pariaman, Kota mentawai, Kota solok, Kabupaten Pesisir Selatan, dan Kabupaten Agam.

Oleh karena itu dimintakan segera menyerahkan,  selain mensingkronisasikan kegiatan,  juga sebagai potensi pendukung pembanguan kebudayaan Sumatera Barat yang lebih kedepannya.

“Kita menjadi heran dan mempertanyakan, buku Kumpulan Pantun Minang akan tetapi dimiliki oleh Malaysia. Saat ini  Dinas Kebudayaan telah menghimpun busana yang perlu di dokumentasikan,  Jurus Silat, pakaian dan aksesoris, pantun, tarian dan kuliner daerah. Untuk menyukseskan kegiatan sosialisasi yang paling efektif adalah di sekolah dengan kegiatan ekstra kulikulernya, bagi generasi muda di Sumatera Barat,” ajak Irwan Prayitno.** Zardi/Hms

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*