Irwan Prayitno, Festival Rupa Ungkapan Indahnya Sumatera Barat

Padang, Editor.-  Gubernur Irwan Prayitno membuka secara resmi Festival Rupa Nagari Pariangan 2016 beberapa waktu lalu. Kegiatan Festival Rupa ini merupakan kegiatan Yayasan Seni Rupa Sumatera Barat di lapangan guna menarik minat masyarakat untuk menggagumi keindahan Alam Sumatera Barat, sebagai rahmat Allah yang tidak terhingga.

“Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menyampaikan apresiasi dan penghargaan terhadap panitia yan telah berusaha menyelenggarakan kegiatan ini. Kita berharap kegiatan festival rupa ini terus berlajut kedaerah-daerah lain di lokasi-lokasi wisata lokasi kemasyarakat, yang sesungguhnya ini juga promosi dan para seniman kita melahirkan karya karya lukiasan indah yang menceritakan dinamika Sumatera Barat di atas kanvas,” ajak Irwan Prayitno.

Gubernur Irwan Prayitno juga menghimbau setiap kita anak nagari memiliki tanggung jawab untuk melestarikan , dengan  menjaga budaya dan adat tidak terpengaruh terhadap globalisasi budaya asing yang amat berbeda dengan nilai-nilai budaya kita.

sari-ater“Budaya dan adat kita mesti kita lestarikan dengan kehidupan sehari-hari sebagai kebanggaan dan harga diri, orang lain itu sesungguhnya ingin mempelajari nilai-nilai budaya dan adat kita. Dengan budaya kita sendirilah baru orang bisa menghargai dan menghormati kita, “ kata Irwan Prayitno

Sementara itu Asnam Rasyid sebagai Pembina Yayasan Seni Rupa Sumatera Barat dalam kesempatan itu menyampaikan, kegiatan ini merupakan sebuah proses pendekatan objek lukisan yang akan dituangkan ke atas kanvas. Dan kegiatan ini merupakan sebuah pendekatan seniman dengan masyarakat di Pariangan Sumatera Barat untuk juga menghargai karya seni lukis sebagai bahagian dari sebuah kebudayaan.

Metrizal seorang seniman asal Padang, yang saat ini berdomisili di Pekanbaru, amat tidak menyangka seorang Gubernur Irwan Prayitno mau bersenda gurau sama seniman di Sumatera Barat.

“Kita cukup senang dan amat salut atas motivasi Gubernur Irwan Prayitno yang mau memajukan karya seniman Sumatera Barat, semoga melalui karya-karya seniman Sumatera Barat pembangunan pariwisata di Sumatera Barat semakin sukses, dan hidup seniman semakin baik juga,” doanya.

Hal senada juga disampaikan Kabag Penerangan Biro Humas Zardi Syahrir, SH, MM, di ruang kerjanya, Rabu (9/11). Kegiatan ini merupakan kreatifitas para seniman perupa yang ingin ikut mempromosikan dan memajukan pembangunan pariwisata Sumatera Barat, ulasnya. ** Zdi/Hms

506 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Advertisements
Advertisements
Advertisements
Advertisements
Previous Image
Next Image

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*