Irfendi Arbi Terima Satyalancana Dari Presiden

Irfendi Arbi.
Irfendi Arbi.

Limapuluh Kota, Editor.- Dipenghujung tahun 2018 ini, Bupati Limapuluh Kota H.Ir.Irfendi Arbi kembali mendulang prestasi berupa Satya Lencana  Kebakhtian Sosial (SLKS)dari Presiden RI. Sehari sebelumnya (Rabu 19/12) Bupati Pilihan rakyat itu baru saja  menerima Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tahun 2018.

Anugerah bergengsi itu diserahkan Menteri Sosial RI Agus Gumiwang Kartasasmita pada acara puncak peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) 2018 di Lapangan Limboto Sport Center, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Kamis (20/12).

Bupati Irfendi Arbi sukses meraih penghargaan tingkat nasional itu karena keseriusannya memperhatikan masalah sosial. Bahkan ia dinilai telah berhasil dalam peningkatan kesejahteraan dan penanganan penyandang masalah kesejahteraan sosial di daerahnya.

Tak hanya peduli dengan permasalahan masyarakat, mulai dari persoalan kemiskinan, kesehatan, pendidikan, Irfendi juga dikenal sangat respon terhadap masalah penanganan serta penanggulangan bencana alam dan bencana sosial yang terjadi di daerahnya.

Selain itu Irfendi Arbi juga senantiasa gigih mendorong Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk bersinergi merespon dan mengatasi permasalahan sosial di tengah masyarakat.

Irfendi Arbi yang dimintai tanggapannya mengakui, Anugerah Satyalencana Kebaktian Sosial itu merupakan hasil kerja keras semua pihak di Kabupaten Limapuluh Kota yang berjuang demi kemanusiaan serta meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat.

“Ini bukan karena saya hebat, melainkan karena semua pihak di Kabupaten Limapuluh Kota yang hebat dan peduli dengan berbagai persoalan termasuk masalah sosial yang terjadi di tengah masyarakat. Karenanya, penghargaan ini saya dedikasikan bagi masyarakat Kabupaten Limapuluh Kota,” ungkap Irfendi.

Ia berharap prestasi itu mampu mendorong semua pihak untuk berbuat lebih banyak dan sungguh-sungguh mengatasi permasalahan sosial. Tak kalah pentingnya, ini bisa ditiru dan diteladani berbagai pihak untuk meningkatkan kepedulian terhadap masyarakat, serta membangun kepedulian tersebut secara berjenjang mulai dari tingkat keluarga, kampung, suku, nagari sampai di tingkat pengambil kebijakan di tingkat kabupaten.

Terpisah, sejumlah tokoh masyarakat mengapresiasi Bupati Irfendi yang terus mengoleksi prestasi. Mereka berharap bupati semakin serius memperhatikan masalah sosial di daerah ini dengan berbagai program yang mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat.

“Luar biasa, Bupati Irfendi Arbi berhasil membuat deretan prestasi hingga penghujung tahun 2018 ini. Hanya berselang sehari usai menerima Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tahun 2018 dan juga meraih penghargaan Kabupaten Peduli HAM dan Pelayanan Publik Berbasis HAM sepekan sebelumnya, bupati kembalikan menunjukan kebolehannya meraih Anugerah Satyalancana Kebaktian Sosial,” tutur tokoh masyarakat Akmul DS, SPdi, Dt. Rajo Bagindo.

Senada Ketua Bamus Kenagarian Guguak VIII Koto Kecamatan Guguak Fakhri Dt. Sumu secara terpisah juga mengakui, melalui kegiatan Sapa Warga yang dilakukannya, Irfendi Arbi selalu memberikan perhatiannya terhadap warga tidak mampu, lansia dan disabilitas, serta memperhatikan persoalan pemberdayaan masyarakat berupa kegiatan pelatihan dan keterampilan usaha ekonomi dalam rangka peningkatan kualitas hidup masyarakatnya.

Kedua tokoh masyarakat itu menilai Irfendi Arbi memperoleh apresiasi tertinggi dari pemerintah karena kepedulian, perjuangan, serta aksi nyatanya dalam membangun kesejahteraan sosial bagi masyarakat Limapuluh Kota.

Sebelumnya Menteri Sosial Agus Gumiwang dalam sambutannya mengajak semua pihak di negara ini meningkatkan kepedulian sosial terhadap sesama.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial Kabupaten Limapuluh Kota Hermen, SH mengatakan, Satyalancana Kebaktian Sosial merupakan tanda kehormatan tertinggi yang diberikan Presiden sebagai penghargaan kepada Warga Negara Indonesia atau seseorang yang telah berjasa dalam lapangan perikemanusiaan pada umumnya atau dalam suatu bidang perikemanusaiaan pada khususnya. ** Yus

133 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
WhatsAppFacebookTwitterYahoo MailLineGoogle GmailEmailYahoo BookmarksShare

Komentar

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*