Irfendi Arbi Lantik 50 Wali Nagari

Limapuluh Kota, Editor.-  Sebanyak lima puluh orang wali nagari terpilih dalam pemilihan wali nagari serentak di Kabupaten Limapuluh Kota Juni lalu diambil sumpah dan dilantik Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi di aula kantor bupati setempat, Kamis (14/7). Bupati berharap para wali nagari periode 2016-2022 itu siap mengemban amanah sebagai pemimpin di nagari.

“Kita berharap para wali nagari yang baru dilantik benar-benar bisa mengemban amanah yang telah di berikan masyarakat. Begitu juga terhadap para calon yang tidak terpilih, hendaknya ikut mendukung wali nagari terpilih demi kemajuan nagari,” ujar Irfendi.

Tak kalah pentingnya, lanjut Irfendi, setiap wali nagari harus mengerti mekanisme pemanfaatan dana desa (nagari) yang sesuai aturan berlaku. Apalagi kini setiap nagari akan menerima aliran dana desa hingga kisaran Rp1 milyar bahkan lebih.

“Kita menghimbau para wali nagari agar mengelola keuangannya dengan benar sesuai aturan berlaku. Bila ada keraguan, konsultasikan secara berjenjang mulai dari camat. Jangan sampai akibat kesalahan pengelolaan keuangan itu menjadikan wali nagarinya berurusan dengan aparat hukum,” ingat Irfendi .

Namun, imbuhnya, selagi berjalan sesuai aturan, para wali nagari tersebut tidak perlu takut mengelola dana desa dimaksud. Jika takut-takut, dikhawatirkan kabupaten ini tidak akan bisa maju dan sejajar dengan daerah lain.

“Tidak ada yang perlu ditakutkan kalau kita berjalan sesuai relnya. Saya siap mem-back up,” ujar Irfrendi meyakinkan.

Selain itu Irfendi juga meminta para wali nagari senantiasa hadir di tengah masyarakat dan melihat kondisi di lapangan. Bila ada permasalahan, lakukan musyawarah dan mufakat dengan berbagai pihak.

“Saya berharap kita mampu memberikan yang terbaik bagi masyarakat Limapuluh Kota,” ujar Irfendi.

Dalam kesempatan itu Irfendi juga mengajak meningkatkan kepedulian sosial berbagai pihak terhadap warga miskin maupun penyandang disabilitas. Sebab, faktanya masih banyak warga miskin dan disabilitas di daerah ini yang hidup dalam kondisi memprihatinkan.

“Kalau setiap nagari membantu satu kursi roda saja bagi warganya setiap tahun, berarti dalam tahun itu akan ada 79 penyandang cacat di daerah ini yang akan mendapatkan bantuan kursi roda,” tutur Irfendi.

Prosesi pelantikan itu juga ditandai dengan penandatangan berita acara pengambikan sumpah dan pelantikan ditandatangani bupati dengan wali nagari termuda Ilfandi Rahmatullah, S.Pd dari Nagari Sungai Rimbang  Kecamatan Suliki dan wali nagari tertua Syahrial Dt. Sinaro Panjang dari Nagari Koto Tuo Kecamatan Harau. Ikut hadir dalam acara itu Wakil Bupati Ferizal Ridwan, para anggota DPRD  dan Muspida, serta ratusan masyarakat dari berbagai nagari.

Sebelumnya Kepala Bagian Pemerintahan Nagari herman Azmar kepada wartawan mengatakan, selain 50 wali nagari yang sudah dilantik, dua wali nagari terpilih lainnya masing-masingnya wali nagari Batu Ampa Kecamatan Akabiluru dan Piobang Kecamatan Payakumbuh belum dilantik karena masa jabatan wali nagarinya belum habis. ** Yus

561 Total Dibaca 2 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*