Ir. Arkadius Dt. Intan Bano, Semua Anggota DPRD Harus Melaksanakan Reses

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit saat manandatangani nota kesepakatan Ranperda RTRW
Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit saat manandatangani nota kesepakatan Ranperda RTRW

Padang, Editor.- Dalam Undang Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, salah satu kewajiban dari Anggota DPRD adalah memperjuangkan peningkatan kesejahteraan masyarakat, menampung dan menyerap aspirasi masyarakat melalui kunjungan kerja secara berkala kedaerah asal pemilihan.

Hal ini disampaikan Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat Ir. Arkadius Dt Intan Bano Senin 31 Desember 2018 lalu pada rapat paripurna DPRD Sumbar dalam penyampaian laporan Hasil Reses Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat dan penutupan masa persidangan ketiga Tahun 2018.

Untuk melaksanakan kewajiban dalam menampung dan menyerap aspirasi masyarakat tersebut, reses merupakan intrumen penting yang harus dilaksanakan oleh semua anggota DPRD.

Dalam Pasal 88 ayat 4 Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2018, reses dipergunakan oleh anggota DPRD secara perorangan atau kelompok untuk mengunjungi daerah pemilihannya guna untuk menyerap aspirasi masyarakat yang dilaksanakan 3 kali dalam setahun sesuai dengan  masa persidangan  DPRD, ujar Arkadius.

Berdasarkan jadwal reses yang ditetapkan dalam badan musyawarah yakni dari 31 Oktober sampai 11 November 2018 pimpinan dan Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat turun ke daerah pemilihannya masing masing dalam rangka untuk menjemput dan menampung aspirasi dari masyarakat yang diwakilinya.

Dari hasil reses tersebut, menurut Arkadius, banyak aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat dari daerah pemilihan masing masing anggota dewan untuk dapat diperjuangkan dalam program pembangunan daerah.

Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat yang melaksanakan reses pada masa persidangan ketiga tahun 2018 telah menyusun dan menghimpun laporan hasil pelaksanaan reses untuk disampaikan pada rapat paripurna ini. Selanjutnya diserahkan kepada Pemerintah Daerah sebagai bahan untuk menyusun kebijakan ,program kegiatan untuk tahun yang akan datang.

Masyarakat sangat mengharapkan usulan dan aspirasi disampaikan kepada anggota dewan pada pelaksanaan reses tersebut dapat ditampung dalam program pembangunan daerah. Arkadius berharap kepada Komisi Komisi dapat membahas lebih lanjut usulan aspirasi masyarakat  tersebut dengan mitrakerja terkait.

Sebelum rapat paripurna ini,  juga berlangsung paripurna penetapan tiga Ranperda. Diantaranya penetapan Ranperda tentang perubahan Atas Perda Nomor 13 Tahun 2012 tentang RTRW Provinsi Sumatera Barat 2012 -2032.

Acara rapat paripurna ini dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Sumbar Ir. Arkadius Dt. Intan Bano yang dihadiri oleh Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit, para pimpinan OPD di jajaran Pemprov Sumbar dan anggota Fokopimda serta undangan lainnya.  ** Herman

288 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
WhatsAppFacebookTwitterYahoo MailLineGoogle GmailEmailYahoo BookmarksShare

Komentar

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*