Investor Tawarkan Investasi PLTS ke Pemko Padang Panjang

Virtual meeting Wako Padang Panjang dan staf dengan PT.II Jakarta.
Virtual meeting Wako Padang Panjang dan staf dengan PT.II Jakarta.

Padang Panjang,  Editor.- Minat swasta berinvestasi di Kota Padang Panjang menunjukan peningkatan, belakangan. Terbaru, adalah “PT.II” Jakarta yang mengajukan proposal terkait proyek PLTS roof top, ganti lampu jalan dan Ecopark. Minat ini juga disambut positif oleh Walikota Fadly Amran.

Sambutan Walikota Padang Panjang, Fadly Amran, seperti diungkap oleh Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (Kadis PM-PTSP) kota ini, Ewasoska dan Kadis Kominfo, Ampera Salim, Senin (26/10), disampaikan dalam rapat pola daring (online) dengan pihak PT.II, Senin tersebut.

Di pihak Pemko Padang Panjang hadir dalam rapat yang dipusatkan di Balaikota itu Asisten-II Setdako Iriansyah Tanjung, Kepala Bappeda Rusdianto, Kadis PM-PTSP Ewasoska, Kadis PU Welda Yusar, Kabag Perek Setdako Putra Dewangga. Di pihak PT.II di Jakarta hadir Hardini Puspasari dengan timnya.

Lewat rapat pola daring itu Walikota Fadly, pamong muda berlatar-belakang pengusaha itu, juga menyebut kota kecil ini sudah punya data potensi peluang investasi hasil kerjasama dengan Fekon Unand Padang. Sesuai kajian itu, di Padang Panjang terdapat cukup banyak peluang investasi, di antaranya;

1.Penambangan & aneka industri hilir batu kapur

2.Sapi perah & aneka industri hilirnya

3.Pertanian; budidaya sayur, plawija, bunga & ikan air tawar

5.Industri kulit, aneka kerajinan dari kulit & produk benda seni

6.Industri bordir & sulaman

7.Perumahan; Rusun vertical (menengah ke bawah) & apartemen (menengah ke atas)

8.Pariwisata; kelola obyek wisata, event, hotel, kuliner, dll

9.Pendirian perguruan tinggi swasta (PTS) & perdagangan

Khusus peluang investasi usaha tambang batu kapur dan industri hilirnya, Pemko kini berupaya mengklirkan status lokasi tambang ke Pemprov dan pusat. Sedang investasi perumahan (rusun/apartemen), perhotelan, PTS, pertokoan, klinik/RS, polanya vertical, sebab total sisa lahan di kota kecil ini tinggal sekitar 1.400-an Ha (terdiri sawah, tegalan/RTH).

Terkait penawaran investasi proyek PLTS roof top, pergantian lampu jalan dan Ecopark di Kota Padang Panjang, karena sudah ada tanggapan sangat positif dari Walikota Fadly, pihak PT.II menurut Hardini Puspasari akan segera menurunkan tim ke Padang Panjang melakukan tinjauan lapangan.

Keterangan Kadis PM-PTSP, Ewasoska didampingi Kabid Penanaman Modal, Mardi, kepada Editor sebelumnya, berkenaan tawaran investasi seperti mengganti lampu jalan, keunggulannya adalah daya listrik akan jauh lebih rendah, cahayanya tetap/lebih terang. Dengan begitu biaya listriknya akan rendah.

Sebelumnya, bentuk tawaran investor menurut Ewasoska, antara lain pelanjutan pembangunan gedung Pasar Pusat Padang Panjang, pembangunan media reklame pada dinding gedung Pasar Pusat. Dua bentuk tawaran dari pengusaha berbeda itu sejalan upaya memacu peningkatan fungsi/keramaian Pasar Pusat.

Berkenaan tawaran lanjutan pembangunan Pasar Pusat, yakni pembangunan Lantai-IV Blok-A dan B serta Lantai-III Blok-C. Segi konstruksi, Kadis PU, Welda Yusar terpisah menyebut, pondasi Blok-A dan B memang untuk empat lantai, tapi baru terwujud tiga lantai. Sedang Blok-C tiga lantai, baru terwujud dua lantai.

Ditanya, bagaimana konsep pemakaian Lantai-IV pada Blok-A dan B serta Lantai-III Blok-C itu nanti setelah siap dibangun oleh investor, Kadis PM-PTSP Ewasoska menyebut belum bisa dirinci. Sebab, rencana ini masih dikaji, dan pencarian calon investornya nanti akan ditentukan lewat lelang.

Kecuali pada Lantai-III Blok-C, Ewasoska menyebut bagian ini memang sudah ada konsep yakni sebagai mall layanan public. Antara lain, seperti layanan perizinan, administrasi kependudukan, haji/umroh, bank, koperasi, PDAM dan BAZ.

Sedangkan terkait penyediaan fasilitas media reklame pada dinding gedung Pasar Pusat, Ewa menyebut calon investornya sudah ada. Bentuk penyediaan media reklame, tampilan reklame, dan tawaran kesiapan biaya sewanya sudah dipresentasikan kepada Pemko. Jadi tinggal tandatangan kontrak.***ym/sheni

143 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*