Induk Keluarga Minang Pusat Resmi Berdiri

Jakarta,Editor,- Musyawarah Nasional DPP IKM (Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Keluarga Minang), yang akhirnya bernama “Induk Keluarga Minang” yang berlangsung di Hotel Balairung, Matraman, Jakarta Pusat (12/11) lalu menghasilkan beberapa keputusan penting, diantaranya terpilihnya Pengurus DPP IKM Pusat, dengan ketua terpilih Mayjen TNI (Purn) M. Fuat Basya, serta keputusan penting lainnya.

Musyawarah Besar Nasional, dihadiri oleh para pendiri, diantaranya delapan orang tokoh Minang di rantau berpangkat Jendral (Purn), 37 delegasi mewakili daerah di seluruh Indonesia, 11 orang inisaiator dan 26 orang Anggota Tim Perumus. Menghasilkan keputusan penting diantaranya, Menerima dan menyetujui pendirian perkumpulan Ikatan Keluarga Minangkabau untuk tingkat Pusat dan Nasional, dengan nama DPP IKM.

Selanjutnya, musyawarah memutuskan, berhubung nama perkumpulan Ikatan Keluarga Minang ini sebelumnya sudah terdaftar di kementrian Hukum dan HAM RI, maka Tim Perumus mengamanahkan kepada Pengurus DPP IKM terpilih untuk mendaftarkan nama perkumpulan  untuk tingkat pusat/nasional yang semula bernama Ikatan Keluarga MInang (IKM), disetujui perubahan nama menjadi   “Induk Keluarga Minang” (IKM).

Hasil Mubes perdana organisasi urang awak yang bertema “Mambangkik Batang Tarandam, Mengembalikan Marwah Urang Minangkabau” ini berlangsung lancar dan sukses. Kehadiran Editor sebagai Peninjau di acara ini, menyaksikan betapa semangatnya urang awak yang tergabung di organisasi ini, untuk dapat ikut berpartipasi memajukan masyarakat Minang, baik di rantau maupun di kampung halaman.

Organisasi yang Terstruktur

Dalam sambutannya, ketua DPP IKM terpilih, Mayjend  TNI (Purn) M. Fuad  Basya, mengatakan,  “DPP IKM, hadir untuk menyatukan gerak langkah IKM-IKM yang ada di seluruh daerah. DPP IKM memiliki hirarkis yang jelas dari pusat hingga daerah, termasuk ranting-ranting yang ada di tingkat kecamatan,” kata mantan Kapuspen TNI ini.

Ditambahkannya, visi DPP IKM ini adalah “membangun organisasi Minang yang terstruktur, hirarkis, mengakar, bersatu, mandiri dan peduli terhadap anggota”. Untuk ke depan, DPP IKM ingin mencapai kehidupan yang aman, damai dan sejahtera di rantau maupun di ranah dengan memegang teguh filosofi “Adat Basandi Syara’, Syara’ Basandi Kitabullah”.

“Kita ingin merasa senasib sepenanggungan, membangkitkan batang tarandam, dan menaikkan Marwah Minangkabau yang selama ini tenggelam karena terkikis oleh degradasi moral,” tambahnya. Untuk itu, Fuad menambahkan siapapun anak Minang yang menghadapi permasalahan di daerah rantaunya, wajib bagi organisasi untuk membela dan melindungi mereka.

Dalam kesempatan itu, Ketua Pembina H. Muhammad Sagi, salah seorang pengusaha sukses asal Minang,  memberikan cinderamata berupa buku adat Papatah Patitiah Minang kepada seluruh jajaran pengurus, yang dihadiahkan oleh Ardyos Magek Bapayuang sebagai penyusun buku. H. M. Sagi mengatakan, orang Minang sarat dengan kata bersayap, dan setiap kalimat yang dilontarkan punya makna yang sangat dalam.

Pengurus DPP IKM (Dewan Pimpinan Pusat Induk Keluarga Minang) terpilih,  

 

Pembina                       : –      H. Muhammad Sagi

  • Nur Usman

 

Ketua Umum               : Mayjen TNI (Purn) M. Fuad Basya

Sekretaris Jendral         : Hj Yemmilia SE. MSi

Bendahara Umum        : Mayjend TNI (Purn) Anas Alwi

 

Wakil Ketua I              : Hendra Muchlis, SH. MH.

Wakil Ketua II             : Marsda TNI (Purn) Cahirul Akbar

Wakil Ketua III                        : H. Salman Ilyas, MBA

Wakil Ketua IV                        : Dr Edial Sanif

Wakil Ketua V             : Syafruddin Al

 

Wasekjend I                 : Yusrizal Karana. SIP. MIP

Wasekjend II               : Amir Jaya ST. B

Wasekjend III              : Armet SE

Wasekjend IV              : Ridwan SH

Wakil Ketua V             : Edwel Dt gampo Alam

 

Wakil Bendahara I       :  Hj Sumarni Patonah

Wakil Bendahara II    : Imseswati SE

“Buku papatah patitiah Minang ini bisa jadi pedoman kita ketika berhadapan dengan masyarakat Minang yang penuh dengan dinamika Budayanya,” kata pengusaha  asal Pariaman ini. **Wisja

5114 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*