Indra Sakti Canangkan Kesatuan Gerak PKK KB Kes Tingkat Kota Pariaman

Pariaman, Editor.– Diharapkan dengan dicanangkanya Kesatuan Gerak PKK KB Kes tingkat Kota Pariaman ini, agar Tim Pelaksana di lapangan dan instansi terkait, dapat melakukan pembinaan dan pelayanan dengan menetapkan prioritas sasaran di wilayah yang jauh dari jangkauan pelayanan kesehatan.

Kepada para tokoh masyarakat, tokoh agama dan lembaga swadaya masyarakat serta peran TNI di Desa/Kelurahan yang ada akan sangat membantu keberhasilan program ini.

Hal tersebut disampaikan oleh walikota Pariaman yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kota Pariaman, Indra Sakti, ketika membuka acara Pencanangan Kesatuan Gerak PKK KB Kes tingkat Kota Pariaman yang diadakan di halaman Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Sadikin Kota Pariaman, Rabu (25/10).

“Melalui 10 Program pokok PKK yang ada, diharapkan para pengurus dan Kader PKK mulai dari tingkat Kota Pariaman, Kecamatan serta Desa dan Kelurahan agar dapat berkontribusi positif dan mampu mempercepat terwujudnya keluarga-keluarga yang berkarakter,” tuturnya.

Indra Sakti juga memberikan apresiasi kepada para Kader di Desa/Kelurahan, baik Kader KB maupun Kader Kesehatan, atas partisipasi dan upayanya membantu pemerintah dalam upaya membantu masyarakat mewujudkan tingkat Kesehatan, KB dan Kesejahteraanya.

“Kesatuan Gerak PKK KB Kes adalah intensifikasi peran PKK dalam program KB Nasional dan Pembangunan Kesehatan yang dilaksanakan secara terpadu dengan lintas sektoral terkait semua tingkat wilayah dalam rangka membanguan keluarga yang sejahtera,” tutupnya.

Dalam sambutan Wakil Ketua TP PKK Kota Pariaman, Ny. Lucy Genius  mengatakan salah satu tujuan gerakan PKK adalah untuk memberdayakan keluarga dalam mencapai kesejahteraan keluarga, dan untuk mencapai tujuan tersebut salah satunya adalah dengan mewujudkan pertumbuhan penduduk yang seimbang dan berkualitas.

“Tugas yang diemban oleh PKK adalah membentuk pembangunan yang berwawasan kependudukan guna terwujudnya keluarga kecil bahagia dan sejahtera,” jelaasnya.

Pencanangan Kesatuan Gerak PKK KB Kes ini merupakan momentum untuk kita semua berperan aktif dalam mengatasi persoalan-persoalan kesehatan dan kependuukan untuk mewujudkan Kota Pariaman yang sehat dan sejahtera.

“Kegiatan ini merupakan intensifikasi gerakan PKK beserta lintas sektor terkait, dimana kegiatan ini bertumpu pada kegiatan kelompok masyarakat, PKK,  institusi KB Kesehatan di Desa/Kelurahan dengan Kader sebagai ujung tombak kegiatan,” ungkap istri wakil walikota ini.

Fokus dalam Kesatuan Gerak PKK KB Kes berupa peningkatan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS), Peningkatan pelayanan Keluarga Berencana dan Mengintegrasikan aktifitas Posyandu sebagai sarana pelayanan kesehatan terpadu yang paling dekat dengan masyarakat.

“Keempat program tersebut hendaknya dapat berjalan secara bersama-sama dan mencapai hasil yang maximal,” katanya mengakhiri.

Dalam kesempatan ini, juga diberikan Paket peralatan KB dan tes kesehatan kepada para Kader KB dan Kader Kesehatan yang ada di Kota Pariaman. Selanjutnya dilanjutkan dengan pemukulan Gong tanda dimulainya pencanagan Kesatuan Gerak PKK KB Kes tingkat Kota Pariaman.

Hadir dalam acara ini Kepala BKKBN Provinsi Sumatera Barat, Syafruddin, Perwakilan Dinas Kesehatan, Dinas Kependudukan dan Capil, Dinas PMD Provinsi Sumbar, Danramil Pariaman, Kepala OPD, Kabag, Camat se Kota Pariaman, Kepala Desa/Lurah se Kota Pariaman, beserta para Kader KB se Kota Pariaman yang hadir. **J\Hms\Sgr

Genius Umar “Festival Seni dan Budaya

716 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*