Indonesia-Selandia Baru Perpanjang Kerja Sama Bidang Penanggulangan Bencana

Forum duta besar.
Forum duta besar.

Jakarta, Editor.– Duta Besar Selandia Baru untuk Indonesia, HE Trevor Matheson, menyatakan bahwa negaranya tetap melakukan kerja sama dengan Indonesia dalam hal penguatan manajemen risiko bencana. Bahkan sudah ditandatangani kalau perpanjangan memorandum kerja sama di bidang penanggulangan bencana berlangsung hingga tahun 2022 mendatang.

Pernyataan tersebut, seperti dikemukakan oleh Direktur Perbaikan Darurat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Medi Herlianto, kepada Editor.com, di Jakarta, Jumat (4/5), diungkapkan Trevor Matheson, dalam Forum Duta Besar yang digelar TVRI Pusat, baru-baru ini. Selain Medi, hadir pula Direktur Kerja Sama Asia Timur dan Pasifik Kemenlu RI Edi Yusup, dan Direktur Kerja Sama Pembinaan Teknis Perizinan dan Non Perizinan Penanaman Modal Daerah (BKPM) Jhonny Sakti Meyer Siburian.

Kata Medi, pentingnya Selandia Baru melakukan kerja sama dengan Indonesia dalam bidang penanggulangan bencana ini, karena Selandia Baru secara geografi dan geologi banyak kemiripan dengan Indonesia.

“Kedua negara sama-sama mengandung ancaman gempa bumi, tsunami, dan gunung api. Bahkan, kedua Negara telah punya pengalaman bagaimana melakukan pemulihan pasca gempa 2011 silam. Kalau di Selandia Baru, itu menimpa Kota Chriscutrch,” ujar Medi.

Sekadar diketahui, di Indonesia, Kota Padang sudah menjalin kerja sama dengan Selandia Baru dalam bidang penanggulangan bencana. Dan, MoU (Memorandum Of Understanding), di bidang ini sudah ditandatangani pada Maret tempo hari.

Indonesia dan Selandia Baru adalah dua negara yang sudah menjalin hubungan diplomatik sejak tahun 1958. Sehingga, hubungan baik keduanya berbuah pada jalinan kerja sama yang dilakukan pada pelbagai bidang. Antara lain, bidang peningkatan pendidikan, pembangunan ekonomi, investasi, hingga penguatan penanggulangan bencana.

Kini, kedua negara sudah memiliki dasar hubungan yang kokoh. Bahkan, pada 2018 ini, Indonesia dan Selandia Baru merayakan hubungan diplomatic yang ke 60.

Khusus untuk kerja sama di bidang penanggulangan bencana, yang dimulai pada 2015 lalu, tercatat di Kementerian Luar Negeri RI, kalau Selandia Baru sudah mengirimkan bantuannya buat Indonesia berupa dana, barang, dan personil militer.

Di tingkat regional, Selandia Baru juga telah aktif berperan di ASEAN sejak 40 tahun lalu di bidang penanggulangan bencana.  **SAS

764 Total Dibaca 2 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*