Indek Pembangunan Manusia di Limapuluh Kota Tahun 2016 Meningkat

Limapuluh Kota, Editor.-  Indek pembangunan manusia dikabupaten Limapuluh Kota tahun 2016 meningkat 67,65 % dari tahun 2015,ujar Bupati Limapuluh kota Irfendi Arbi, dalam Laporan keterangan pertanggung jawaban bupati tahun 2016 yang dihadiri anggota DPRD kabupaten Lima Puluh Kota ,Forkopinda,Kepala OPD di aula DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota, Rabu (5/4).

Laporan keterangan pertanggung jawaban kepala daerah yang disampaikan ini disusun berdasarkan pasal 70 ayat(3) dan pasal 71 ayat (2) undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah dengan segala perubahan yang mengamanatkan kepala daerah untuk menyampaikan laporan pertangung jawaban kepada DPRD.

Laporan keterangan pertanggung jawaban kepala daerah tahun 2016 ke DPRD,atas penyelenggaraan pemerintahan selama tahun 2016,yang memuat keterangan mengenai realisasi program dan kegiatan yang berpedoman kepada rencana kerja pembangunan  daerah (RKPD ).

Selanjutnya Irfendi menyampaikan pengelolaan keuangan daerah mengacu kepada PP nomor  58 tahun 205 tentang pengelolaan keuangan daerah ,peraturan menteri dalam negeri nomor 13 tahun 206 sebagai mana diubah dua kali,trakhir PERMENDAGRI nomor 21 tahun 2011 tentang pengelolaan keuangan daerah,membagi belanja menjadi dua kelompok,belanja tidak lansung dan belanja lansung.

Dalam rangka pencapaian program prioritas pembangunan,maka belanja daerah tahun 2016 (setelah perubahan APBD ) ditetapkan sebesar Rp.1.345.521.951.342 ( satu triliun tiga ratus empat puluh  lima milyar  lima ratus dua puluh satu juta sembilanratus limapuluh satu ribu tiga ratus empat puluh dua rupiah  )

Jumlahnya ini mengalami peningkatan dibanding belanja daerah tahun 2015 sebesar Rp.1.224.481.293.072 ( satu triliun dua ratus dua puluh empat milyar empat ratus deplapan puluh satu juta dua ratus sembilan puluh tiga ribu tujuh puluh dua rupia, ujar irfendi.

Disamping melaksanakan kegiatan pembangunan yang dibiayai oleh APBD,pemerintah kabupaten Limapuluh Kota juga melaksanakan kegiatan yang dibiayai oleh APBN dan APBD propinsi melalui tugas pembantuan dan urusan bersama.

Pada tahun 2016 ini kabupaten Limapuluh Kota menerima  dana urusan bersama sebesar  Rp.17.102.121.000. ( tujuh belas milyar seratus dua juta seratus dua puluh satu ribu rupiah ) yang dilaksanakan oleh enam SKPD. Adapun kementrian yang memberikan dana tugas pembantuan dan urusan bersama, kementrian dalam negeri,kementrian tenaga kerja trasmigrasi, kementrian pendidikan dan kebudayaan, serta kementrian kelautan dan perikanan,ujarnya. ** Yus

567 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*