IKA PGAN/MAN/MAPK/MAKN KOTO BARU Akan Gelar Munas Secara Virtual

Afdhal Azmi Jambak, SH.
Afdhal Azmi Jambak, SH.

Padang Panjang, Editor.- Para alumnus PGA Negeri (PGAN), Madrasah Aliyah Negeri (MAN), Madrasah Aliah Program Khusus (MAPK)  dan Madrasah Aliah Kejuruan Negeri (MA KN) Koto Baru Padang Panjang akan mengikuti musyawarah nasional  (Munas) Ikatan Alumni PGAN/MAN/MAPK/MAKN pada Kamis 29 Oktober 2020 mulai pukul 09.00 WIB. Munas digelar secara virtual untuk menetapkan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART), Program Kerja dan Memilih Pengurus Baru periode 2020-2023.

“Alhamdulillah. Sudah ratusan orang yang mendaftar untuk menjadi peserta Munas. Insya Allah acara Munas  melalui virtual ini bisa terlaksana dengan baik, aman dan lancar,” kata Ketua Steering Comitte (SC) atau Panitia Pengarah Munas, Afdhal, SH.

Untuk mewujudkan keinginan “Mangumpuakan Nan Taserak dan Manjapuik Nan Tatingga”, panitia memutuskan menambah waktu pendaftaran peserta. “Peserta diberi tenggat waktu untuk mendaftar paling lambat Selasa 27 Oktober 2020 pukul 20.00 WIB,” kata pemimpin  Koran Transparan Merdeka yang juga merupakan advokat dan berdomisili di Kota Palembang, Sumatera Selatan ini.

Saat ini sudah lebih dari 200  orang yang mendaftarkan diri kepada panitia dari berbagai wilayah (daerah) dan berbagai angkatan. “Yang belum mengirimkan utusannya, kita imbau segera kirimkan nama 5 (lima) orang untuk peserta. Baik mewakili angkatan lulus, maupun utusan dari daerah Propinsi di Sumatera Barat dan propinsi di luar Sumatera Barat, serta dari kabupaten/kota di Sumatera Barat. Kita harapkan semua wilayah membentuk kepengurusan melalui musyawarah mufakat dan mengirimkan utusan bervariasi dari berbagai angkatan sebagai bagian kebersamaan,” katanya.

Peserta Munas tersebut ada yang dari Aceh, Sulawesi Selatan, Jakarta, Jawa Barat, Sumsel, Jambi, Sumatera Utara, Riau, Bengkulu, Aceh, dan dari luar negeri. “Moga sampai batas waktu pendaftaran, semuanya mendaftarkan diri,” katanya seraya menambahkan, Ketua Panitia Pelaksana, Ilfa Yusmadi bersama kawan-kawan sedang merampungkan persiapan setelah ketua panitia sebelumnya, DR. Yulkifli Amir, mengundurkan diri karena mencalonkan diri sebagai calon ketua umum.

“Kita himpun semua alumni  tanpa kecuali untuk bersatu dalam wadah organisasi IKA PGAN/MAN/MAPK/MAKN. Banyak alumni yang sukses di berbagai bidang kehidupan. Namun, ada juga yang kurang beruntung. Kita usahakan melalui IKA bisa membantu saudara-saudara sesama alumni mengatasi berbagai masalah yang dihadapi dengan  aneka program kegiatan. Dengan IKA juga ditingkatkan dukungan dan bantuan kepada Kepala MAN Koto Baru agar madrasah di antara Gunung Singgalang dan Merapi  itu tetap menjadi madrasah terbaik dan berkualitas tinggi,” kata alumni  MAN tahun 1985 tersebut.

Banyak alumni MAN Koto Baru yang sukses di berbagai bidang. Banyak yang sudah menjadi guru besar (profesor), bergelar doktor,  jadi rektor, dekan, dosen, kepala kantor Kemenag, kepala sekolah, pengawas, guru  dan lainnya di bidang pendidikan. Tidak sedikit yang menjadi hakim, perwira TNI/Polri, anggota DPRD dan pejabat negara, serta ulama berpengaruh. Banyak yang menjadi pengusaha dan pedagang sukses, wartawan hebat, petani dan peternak handal. Tidak sedikit yang jadi dokter dan memegang jabatan  di bidang kesehatan.

Namun demikian, meski sangat banyak yang sukses, punya jabatan dan gelar tinggi, kaya dan mendapat  kehormatan lebih, masih ada sebagian alumni yang kurang beruntung. Ada yang hidup susah, fakir, miskian dan kesulitan modal untuk berusaha sehingga terpaksa melakukan perbuatan dilarang agama Islam antara lain minjam uang dengan bunga tinggi alias riba.

“Adalah kewajiban bagi seseorang yang dianugerahi rezeki oleh Allah menafkahkan sebagian hartanya kepada fakir, miskin, anak-anak yatim, orang yang berjuang di jalan Allah, muallaf dan lain sebagainya. Kita ingin dengan IKA PGAN/MAN/MAPK/MAKN ini  semua alumni yang punya kewajiban melaksanakan kewajibannya dengan baik. Untuk itu data base yang lengkap dan silaturahim yang baik wajib ditingkatkan,” katanya.

“Moga semua bisa berhimpun di IKA PGAN/MAN/MAPK/MAKN Koto Baru Padang Panjang dan bermanfaat bagi para alumni serta memberikan kontribusi untuk meningkatkan prestasi dan mempertahankan kehebatan MAN saat ini dan yang akan datang,” katanya. ** Adeks

133 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*