IBI Kab. Solok Gelar Muscab ke IX TAHUN 2021

Bupati Gusmal saat memberi sambutan.
Bupati Gusmal saat memberi sambutan.

Arosuka, Editor.- Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kab. Solok melaksanakan Musyawarah Cabang, bertempat di  Ruangan Solok Nan Indah Arosuka, Kamis (21/1).

Hadiri pada kegiatan tersebut Bupati Solok H. Gusmal, SE, MM, Kadis Dinas Kesehatan dr. Maryeti Marwazi, Mars, Ketua IDI Propinsi Hj. Hasnawati dan Ketua IBI Kab. Solok Darniyanti Elfita.

Bupati Solok yang membuka secara resmi Muscab IBI dalam sambuatnnya mengatakan, Bidan sebagai salah satu tenaga kesehatan strategis yang memiliki tugas dan fungsi memberikan pelayanan untuk menurunkan angka kematian ibu dan anak walaupun dalam masa pendemi profesi bidan saling bahu membahu dengan organisasi lain dalam memberikan pelayanan pada masyarakat.

SDG’s pada sektor kesehatan meliputi masalah yang perlu di upayakan sebagai kelanjutan millenium development goal (MDG’s) pada 2015 lalu, seperti halnya : 1. Penurunan prevalensi balita kurang gizi ( Stunting). 2. Penurunan angka kematian bayi dan balita. 3. Penurunan angka kematian ibu.

“Program tersebut sejalan dengan visi misi pembangunan daerah kabupaten solok. Untuk mencapai visi tersebut disusun lima misi pembangunan daearah Kab. Solok tahun 2015-2021 yaitu. 1. Pendidikan. 2. Kesehatan. 3. Ekonomi kerakyatan. 4. Penyelengaraan pembangunan yang bersih dan baik berdasarkan adat basandi syrak syarak basandi kitabullah,” kata Gusmal..

Lebih lanjut dikatakannya, beberapa hal yang berhubungan dengan prioritas bidang kesehatan yaitu : 1. Jadikan momentum Muscab ini sebagai alat untuk pemersatu segenap bidan di kabupaten solok. 2. Jaga dan tingkatkan disiplin etos kerja kebersamaan dalam melaksanakan tugas lapangan. 3. Penurunan angka kematian ibu.

Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran bidan di kab. Solok dengan dedikasi terus meningkat kualitas pelayan kebidanan terutama kepda tenaga bidan yang bertugas di daerah terpencil yang bertugas di daerah tentunya dengan selalu mematuhi protokol kesehatan,” pungkas Gusmal.

Sementara itu Ketia IBI Propinsi Sumbar menyampaikan apresiasi kepada bupati Solok yang telah menyempatkan hadir dalam acara Muscab IBI ke IX di Kabuapten Solok. Juga memnyampaikan terima kasih kepada Dinas kessehatan Kab. Solok yang telah mendukung dan mendampingi kami dalam melaksanakan kegiatan Muscab IBI di Kab. Solok.

“Tujuan kita bermusawarah hari ini menjaga dan meningkatkan eksistensi melalui konsolidasi di organisasi IBI. Seterusnya menguatkan organisasi IBI dengan mengajakj dan membimbing anggota mau dan peduli dengan organisasi dan juga akan menjadi bidan yang handal, profesional dan berkualitas dengan terus meningkatkan ilmu pengetahuan dan keterampilan,” katanya.

Musawarah ini merupakan forum tertinggi di tingkat Kab. Solok. Pengurus lama harus melaporkan program selama lima tahun yang telah berjalan. Pelaksanaan muscab ini mengacu pada aturan yang berlaku pada ad/art dan juga buku pedoman organisasi yang senantisa di sempurnakan setiap lima tahun pada saat kongres IBI dan pada rapat kerja nasional.

Semua kita mendengar ada 7 orang calon yang akan berkompetensi dalam Muscab yang akan berlangsung nantinya. Dan mereka merupakan bidan bidan terbaik yang ada di Kab. Solok.

Harapan kita semua dalam musawarah cabang ini laksanakanlah dengan damai dan penuh rasa kekeluargaan. Kita berharap siapapun yang akan terpilih nanti marilah sama2 kita dukung dan bersatu dalam mengambil keputusan dan menjadi IBI yang kuat dan mampu menghadapi tantangan kedepan.

Sebelumnya Ketua IBI Kab. Solok dalam sambutannya mengatakan, IBI adalah organisasi profesi dan oraganisasi sosial masayarakat. Palaksanaan berjalanya organisasi mengacu pada aturan yang berlaku sesuai dengan AD/ART yang berlaku.

Muscab dilakukan untuk mengevaluiasi laporan pertanggung jawaban pengurus cabang periode 2013 -2018. Sesuai denganaturan organisasi kegiatan Muscab ke IX meliputi bidang organisasi bertujuan melaporkan program kerja sebagai pertanggunjawaban lima tahun yang telah berjalan.

Selanjutnya menetapkan dan menyusun program kerja dalam kepengurusan musawarah cabang dan ditetapkan untuk mengeban mandat siapa nantinya ketuya terpilih melalui Muscab IBI Kab. Solok. ** Tiara/Hms

 

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*