HUT PPNI ke 43 di Kab. Solok Ditandai Dengan Penyuluhan Kesehatan

Arosuka, Editor.- HUT PPNI ke 43 di Kab. Solok ditandai dengan Penyuluhan Kesehatan dan Cuci Tangan Bersama Serentak Seluruh Indonesia yang digelar di RSUD Arosuka, Jum’at (17/3).

Hadir pada kegiatan itu Bupati Solok : H. Gusmal, SE, MM, Ketua TP PKK Kab Solok  Ny. Desnadevi Gusmal, SH, Ka Dinas Kesehatan Kab Solok  dr. Sri Efianti, Dirut RSUD Arosuka : dr Maryeti Marwazi, Mars, Ka Dinas Kominfo  Mulyadi Marcos, Ka Dinas Pertanian  Ir. H. Admaizon, ka Dinas Pendidikan dan Drs. Syahrul Efendi, MM.

Dalam kata sambutannya Bupati Solok Gusmal, SE, MM mengatakan, mudah mudahan melalui peringatan hut PPNI ke 43 kali ini dapat meningkatkan komitmen dan kesepahaman para pelaksana di bidang kesehatan, untuk bersama-sama aktif dalam mengatasi masalah kesehatan guna mencapai tujuan percepatan pembangunan kesehatan yaitu tercapainya masyarakat yang sehat.

“Hari ini kita mengadakan kegiatan deteksi dini kanker serviks dengan metode pemeriksaan Inspeksi Visual Dengan Asam Asetat (IVA). Pengetahuan tentang penyakit kanker dan gejala dini dapat meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap kanker. Sehingga penyakit kanker bukan lagi hal yang perlu ditakuti karena ditemukan lebih awal akan meningkatkan kualitas hidup dari penderita,” kata Gusmal.

Lebih lanjut dikatakan bupati, kegiatan ini mempunyai manfaat yang sangat besar bagi masyarakat sehingga menyelamatkan wanita yang ada di Kab Solok dari penyakit kanker. Diharapkan kepada seluruh unsur yang terlibat baik dari pemerintah nagari, jorong, terutama pkk kecamatan/ nagari untuk ikut dalam menggerakan masyarakat untuk melakukan pemeriksaan IVA di Puskesmas terdekat

“Melalui kegiatan ini diharapkan kesadaran dan kepedulian masyarakat, terutama dalam mengendalikan factor resiko kanker dan deteksi dini sehingga diharapkan angka kesakitan, kematian akibat kanker dapat ditekan,” harap Gusmal.

Sementara itu Direktur RSUD Arosuka  dr Maryeti Marwazi, Mars dalam laporanyya menyampaikan, HUT PPNI dengan tema “Gerakan Perawat Mendukung Masyarakat Sehat” ini  dihadiri oleh sekitar 400 orang yang terdiri dari masyarakat rumah sakit ( pasien dan keluarga), perwakilan SKPD, murid SMP dan SMA, karyawan dan karyawati RSUD Arosuka dan masyarakat umum.

Kegiatan yang dilakukan adalah Hand Hygiene, demo Hand Hygiene serempak di seluruh Indonesia dan Pemeriksaan IVA. Kegiatan hand hygiene massal ini bertujuan meningkatkan kesadaran dan budaya melakukan hand hygiene yang benar yang bermanfaat, untuk mencegah dan mengendalikan kejadian infeksi dan untuk meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit khususnya.

Ikut memberi sambutan ketua PPNI Kab Solok : Zulhendri S.K.M,  M.Kes, Kepala Dinas Kesehatan  dr. Sri Efianti dan ketua TP PKK Kab Solok  Ny. Desnadevi Gusmal, SH yang intinya menghimbau masyarakat untuk membudayakan perilaku hidup sehat. Perilaku hidup yang tidak sehat dan masalah sanitasi lingkungan merupakan masalah yang dapat di tindak lanjuti dengan meningkatkan upaya prefentif dan promotif . ** Febrian D’Gumanti/Olga/Hms

498 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*