HUT ke 70 Kab. Pesisir Selatan, Diwarnai Pemberian Penghargaan Kepada Lima Putra-Putri Terbaik




Pemberian penghargaan kepada putra-putri terbaik Pesir Selatan.
Pemberian penghargaan kepada putra-putri terbaik Pesir Selatan.

Painan, Editor.- Berbeda dari paripurna biasa, saat HUT ke 70 Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), DPRD menggelar Paripurna Istimewa di Pantai Cerocok Painan, salah satu destinasi wisata kebanggaan daerah ini,  Minggu (15/04).

Kita sengaja melakukan sesuatu yang beda di tahun ini.  Yakni, sidang paripurna istimewa di tepi pantai, tepatnya di salah satu lokasi wisata andalan ini,” ujar Sekretaris DPRD Pessel, Zulfian Aprianto, Minggu pagi di lokasi.

Pembukaan Festival Lngkisau.
Pembukaan Festival Lngkisau.

Selain itu pada peringatan.hari jadi Kabupaten Pesisir Selatan itu juga diwarnai dengan pemberiah penghargaan kepada lima putra terbaik daerah ini yang dinilai telah memberi kontribusi besar dlam pembangunan bagi daerah yang dikenal sebagai kawasan Sejuta Pesona Wisata di Indonesia tersebut.

Para penerima penghargan itu adalah Drs. Andrinov A Chaniago, Komisari Utama BRI dianugrahi penghargaan atas partisipasinya bagi pembangunan dan pemberdayaan masyarakat kawasan mandeh, Hj. Lisda Hendrajoni,SE. MM.Tr diberikan penghargaan atas partisipasi dan kepedulian pada misi kemanusian, disabilitas dan ekonomi Kreatif,, Direktur PT Kunango Jantan, H. Asril, SH dianugrahi penghargaan atas partisipasinya bagi pembangunan infrastruktur pariwisata, Ir. H. Khalawi AH, M.Sc.,M.M Direktur Jenderal Kemen PURP yang juga mantan kadis PU Pessel, atas partisipasinya dalam pembangunan infrastruktur di Kabupaten Pesisir Selatan, dan Bundo Hj. Musni Udin, S.Pd sebagai penggiat literasi kebudayaan.

Menurut Zulfian, peringatan HUT Pessel dengan paripurna istimewa di out door (terbuka) seiring dengan pelaksanaan Festival Langkisau 2018. Harapannya, lokasi ini bisa lebih dikenal lagi,.

Gubernur dan wakil gubernur Sumbar serta bupati Pessel pada peringatan HUT Pessel ke 70.
Gubernur dan wakil gubernur Sumbar serta bupati Pessel pada peringatan HUT Pessel ke 70.

Selain itu, tambah Zulfian, gelaran Sidang Paripurna Istimewa DPRD di Pantai Carocok Painan,  jelas akan berdampak ke kunjungan wisata.

Nantinya,  dengan dipusatkannya kegiatan di sini, jelas dapat mendongkrak angka kunjung wisata ke Pessel, ” ucapnya.

Selain Forkominda setempat, sejumlah undangan pun ikut hadir digelaran tersebut. Seperti Pimpinan Parpol setempat, Ormas, tokoh masyarakat,Tokoh IKPS, DPRD Sumbar, dan Gubernur Sumatera Barat,Wakil Gubenur dan Pimpinan Daerah Tetangga.

Rapat Paripurna Istimewa DPRD yang  dimulai sejak pukul 08.30 WIB s/d selesai.  Usai Rapat Paripurna tersebut, dilaksanakan Pembukaan Festival Langkisau 2018 di lokasi yang sama dan  Pergelaran Pawai Alegoris dari 15 Kecamatan yang ada di Pesisir Selatan.

HUT Pessel dan Festival Langkisau Jadi Agenda Tahunan

Wagub Nasrul Abit saat memasuki ruang sidang paripurna HUT Kab. Pessel ke 70.
Wagub Nasrul Abit saat memasuki ruang sidang paripurna HUT Kab. Pessel ke 70.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan melalui lintas sektor di daerah itu akan menjadikan peringatan Hari Jadi Kabupaten Pesisir Selatan ke-70, dan Festival Langkisau (FL) ke XVI tahun 2018 sebagai agenda tahunan.

Agenda daerah itu bertujuan untuk memperomosikan berbagai potensi yang memiliki nilai tambah terhadap kunjungan wisata itu, akan dibuka Minggu (15/11) dan akan berlangsung sampai Sabtu (21/4) April 2018.

Sejumlah agenda kegiatan telah dipersiapan oleh Pemda setempat, seperti olahraga, budaya, seni tradisi dan berbagai atraksi lainya.

Bupati Pessel, Hendrajoni mengatakan, pelaksanaan peringatan Hari Jadi Kabupaten Pesisir Selatan dan Festival Langkisau telah menjadi agenda rutin setiap tahunnya.

Gubernur Irwan Prayitno mengucapkan selamat kepada Buapti Hendrajoni.
Gubernur Irwan Prayitno mengucapkan selamat kepada Buapti Hendrajoni.

“Agenda ini bertujuan untuk mempromosikan potensi pariwisata, agar Pessel semakin dikenal lebih luas lagi, baik lokal maupun mancanegara. Makanya, berbagai sarana dan prasarana untuk menciptakan rasa kenyamanan bagi pengunjung terus lakukan pemenahannya,” ungkap bupati.

Disampaikannya, melalui peringatan Hari Jadi Kabupaten Pesisir Selatan dan Festival Langkisau ke XVI pengunjung dapat menyaksikan bazar dan menikmati hiburan serta permainan anak-anak.

“Dengan berbagai agenda itu, kita berharap Pessel semakin banyak dikunjungi,” ungkapnya. “Diharapkan kegitan ini bisa berjalan dengan lancar dan sesuai dengan rencana,” harapnya. ** ADV/Roni Citra

 

 

178 Total Dibaca 3 Dibaca hari ini
WhatsAppFacebookTwitterYahoo MailLineGoogle GmailEmailYahoo BookmarksShare

Komentar

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*