Hari Pramuka ke 59 tahun 2020 di Peringati di Bukittinggi

Peserta upacara peringatan hari pramuka ke 59, foto bersama usai upacara.
Peserta upacara peringatan hari pramuka ke 59, foto bersama usai upacara.

Bukittinggi, Editor.- Sekdako Bukittinggi Yuen Karnova sebagai  Ketua Kwartir Cabang XIII Kota Bukittinggi bertindak sebagai Pembina upacara Hari Pramuka ke 59 tahun 2020 yang diperingati Sabtu (28/11) di Hall Badan Keuangan Bukittinggi.

Pada kesempatan itu, Yuen Karnova, membacakan sambutan Ketua Kwartir Nasional Pramuka Komjen Pol (Purn) Budi Waseso.

Dalam sambutannya, Budi Waseso mengatakan, untuk tahun ini, tema Hari Pramuka adalah Peran Gerakan Pramuka ikut membantu dalam penanggulangan bencana Covid-19 dan Bela Negara. Tema tersebut adalah perwujudan dari semangat para pramuka untuk ikut membantu menanggulangi bencana covid-19 yang sampai saat ini masih menjadi masalah besar bagi bangsa Indonesia, bahkan di seluruh dunia.

“Meskipun gerakan pramuka merupakan suatu organisasi pendidikan yang fokus kepada pendidikan bagi anak-anak dan remaja, dan bukan organisasi bantuan sosial, gerakan pramuka tetap aktif melaksanakan berbagai kegiatan bakti sosial, bakti masyarakat, dan pembangunan masyarakat. Itulah sebabnya, sejak terjadinya wabah covid-19 yang telah melanda negara kita, Gerakan Pramuka selalu tanggap dan mengambil bagian dalam upaya penanggulangannya,” ujarnya.

Dimulai dari hal-hal kecil bagi anggota pramuka itu sendiri, seperti mendidik pentingnya menjaga kebersihan tubuh, termasuk rajin mencuci tangan dengan sabun, menggunakan masker bila berpergian ke luar rumah, dan menjaga jarak di keramaian, yang pada intinya juga harus mematuhi protokol kesehatan yang telah dicanangkan oleh pemerintah.

“Ditingkat Kwartir Nasional telah dibentuk satuan tugas penanggulangan bencana dan Covid-19, sementara dijajaran kwartir daerah, kwartir cabang, kwartir ranting, sampai gugusdepan, berbagai satuan pramuka peduli juga ikut bergerak bersama pemerintah dan masyarakat melawan wabah covid-19 dan membantu penanggulangan bencana alam. Bagi Gerakan Pramuka, berbagai upaya yang telah dilakukan selama ini juga merupakan bagian dari bela negara, wujud konkrit kecintaan dan pembelaan terhadap negara kesatuan Republik Indonesia,” tambahnya.

Diakhir Upacara, Ketua Kwarcab XIII Kota Bukittinggi Yuen Karnova menyerahkan Piala Juara Umum pada rangkaian kegiatan Prestasi kedua Tahun 2020 kepada MAN I Bukittinggi. selain itu juga diserahkan penghargaan kepada pemenang berbagai kriteria terkait giat prestasi tahun 2020 dari Kwarcab XIII Bukittinggi.** Widya

122 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*