Gusmal, SE, MM, Sensus Ekonomi 2016 Untuk Memotret Kondisi Terkini




Arosuka, Editor.- Sensus Ekonomi 2016 merupakan program Nasional untuk memotret kondisi terkini potensi ekonomi beserta karakteristik Usaha Mikro Kecil (UKM) dan Usaha Menengah Besar (UMB) di seluruh wilayah NKRI. Kepada seluruh masyarakat terutama kepada pelaku usaha sebagai responden untuk dapat menerima petugas sensus dengan baik, serta memberikan data dengan benar dan apa adanya.

Demikian dikatakan Bupati Solok H. Gusmal, SE MM saat menerima petugas Pencanangan dan Pendataan Sensus Ekonomi 2016 Statistik di : Guest Housees Arosuka, Sabtu 1 Mei 2016. Hadir pada kegiatan tersebut Kepala BPS Kab. Solok Arius Jonnaidi, SE, Ketua DPRD Kab.Solok Hardinalis Kobal, Sekda Kab. Solok M. Saleh, Ketua PKK Kab. Solok Ny. Hj. Desna Devi Gusmal, SH, Kapolres Arosuka AKBP Reh Ngenana, SH, M.Si, Ass II Yunasmandan beberapa Kepala SKPD lainnya.

Lebih lanjut dikatakan, kepada pelaku usaha jawaban yang saudara berikan kepada petugas sensus sangat menentukan arah bangunan bangsa demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sensus ekonomi tidak dipungut bayaran atau biaya dan tidak ada sangkut pautnya dengan pajak dan data diberikan dijamin kerahasiaanya oleh UU No.16 Tahun 1997 tentang Statistik.

“Para para petugas pencacah diharapkan melakukan pendataan dengan penuh semangat, jujur, teliti dan bertanggung jawab serta tidak boleh diintervensi oleh pihak manapun untuk kepentingan yang lain selain dari kegiatan Sensus Ekonomi. Kepala SKPD, Camat, Wali Nagari juga harus menginformasikannya kepada seluruh masyarakat di Kab. Solok. Mari kita dukung dan sukseskan kegiatan ini,” kata Gusmal.

Sebelumnya Ketua Panitia Arius Jonnaidi, SE menjelaskan, Sensus Ekonomi 2016 merupakan kegiatan besar yang dilaksanakan sekali dalam 10 tahun ini telah disiapkan BPS sejak tahun 2014.Insya allah akan dimulai pada tanggal 1 s/d 31 Mei 2016 secara di seluruh Kabupaten dan Kota di Indonesia.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui jumlah usaha di Indonesia yaitu mendapatkan data ketenagakerjaan,memotret aktivitas UKM,Usaha Online, dan enterprise. Khusus di Kab. Solok kegiatan yang telah dilakukan BPS pada anggaran 2015 dalam mempersiapkan kegiatan SE 2016 ini adalah Sosialisasi dengan kepala SKPD, Camat, Wali Nagari dan menerbitkan surat ederan bupati Solok untuk mendukung SE 2016 yang ditunjukan kepada Camat, Wali Nagari juga pelaku usaha dan melakukan publisitas melalui berbagai media.

“Pada tahun anggaran 2016 Khusus di Kab.Solok kegiatan yang telah dilakukan BPS adalah melaksanakan rekrutmen calon petugas pencacah dan pengawas SE 2016. Melaksanakan pelatihan, melakukan rakor dengan Polresta Solok, melaksanakan Apel Siaga dalam menyukseskan Sensus Ekonomi dan juga melaksanakan berbagai kegiatan lainnya,” jelas Arius Jonnaidi. ** Rhian/Hms

563 Total Dibaca 2 Dibaca hari ini
WhatsAppFacebookTwitterYahoo MailLineGoogle GmailEmailYahoo BookmarksShare

Komentar

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*