Gusmal, SE, Kab. Solok Berkomitmen Cegah LGBT dan HIV/AIDS

Kotobaru, Editor.- Pemerintah Kab. Solok memeringati Hari AIDS se Dunia bertempat di Sport Hall GOR Batu Batupang. Kamis  (1/12). Kegiatan tersebut dihadiri beberapa anggota Forkopimda, Kadis Kesehatan, Kast Pol PP, guru dan siswa SMA se Kab. Solok.

Dalam kata sambutannya Bupati Solok, H. Gusmal, SE mengatakan, salah satu komitmen pemerintah Kab. Solok terhadap upaya pengendalian kasus HIV/AIDS dan LGBT adalah dengan dengan pelaksanaan kampanye HIV/AIDS kali ini bertepatan dengan peringatan hari HIV/AIDS sedunia. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan menjadi jembatan penyampaian pesan kepada seluruh instansi pemerintah, sekolah-sekolah dan masyarakat tentang bahaya HIV/AIDS dan LGBT.

sari-aterMenurut Gusmal, awalnya LGBT adalah permasalahan sosial tetapi dalam perjalananannya pelaku LGBT mengalami permasalahan kesehatan yang serius. Masalah ini perlu kita atasi secara bersama-sama. Tidak hanya Dinas Kesehatan saja tetapi semua masyarakat Kab. Solok guna mencegah perluasan kasus ini di tengah-tengah masyarakat.

“Kita sangat berharap acara kampanye ini padat dilaksanakan secara berkelanjutan tidak hanya untuk penyakit AIDS saja tetapi penyakit-penyakit yang lain. Mari kita selamatkan anak-anak kita, keluarga dan seluruh masyarakat kab solok dari bahaya HIV/AIDS dan LGBT,” himbau bupati.

Sementara itu ketua pelaksana kegiatan yang juga Kadis Kesehatan Kab. Solok, dr. Sri Elfianti  dalam laporannya mengatakan, jumlah peserta melibatkan 2000 orang yang terdiri dari ketua komisi A DPRD, Kapolres, Kejaksaan, Dandim, Kepala SKPD , Kemenag,Ketua MUI, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi, Kepala Dinas Pendidikan, Serta Siswa SLTP Dan SLTA Se Kab Solok yang diprakarsai oleh Dinas Kesehatan Kab. Solok.

Tujuan acara ini adalah terciptanya sinergitas dari seluruh stakeholder di Kab Solok dalam menghadapi kasus HIV/ AIDS serta LGBT. Tema pada acara kali ini adalah: Mari Merubah Masa Depan Gemilang Tanpa Penularan HIV

Hari ini akan dilaksanakan pengukuhan konselor PKVHI oleh  Bupati Solok. Di setiap puskesmas di Kab. Solok sudah ada konselor HIV/AIDS yang terlatih dan para konselor ini akan mendampingi pasien seumur hidup.

“Untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat dan penyebar luasan informasi di tengah-tengah masyarakat umumnya serta di kalangan pendidikan khususnya, maka perlu di bentuk KPAD (Komisi Penanggulangan Aids Daerah) yang juga akan dilantik oleh Bupati Solok,” jelas Sri Elfianti. ** FD’Gumanti/Olga/Hms

1135 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*