Guru Punya Peran Strategis Dalam Penguatan Pendidikan Karakter

Agustion saat memberi sambutan.
Agustion saat memberi sambutan.

Payakumbuh, Editor.- Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Payakumbuh Drs. H. A H. Agustion mengatakan, guru adalah salah satu aktor penting dalam pendidikan nasional dan memiliki peranan strategis dalam implementasi Penguatan Pendidikan Karakter(PPK) .

Untuk itu Dinas Pendidikan kota Payakumbuh baru-baru ini mengadakan workshop “Pendidikan Karakter” bagi pendidik dan tenaga kependidikan yang diadakan di Ngalau Resto Payakumbuh.

Menurut Agustion, Workshop pendidikan karakter ini diikuti 65 orang, terdiri dari unsur kepala sekolah, perwakilan guru dari SD, SMP dan SMA beserta lembaga pendidikan yang ada di kota Payakumbuh.

Kepala Dinas pendidikan Kota Payakumbuh AH Agustion dalam sambutannya pada pembukaan workshop itu  mengatakan, “saat ini pendidikan tidak cukup diartikan sebagai proses to teach (mengajar) atau transfer to knowledge (transfer ilmu), tetapi seharusnya lebih dimaknai sebagai proses transformasi dan internalisasi makna kehidupan bagi siswa, sehingga memiliki kesempurnaan karakter dan kesiapan untuk mau belajar sesuai dengan jati diri bangsa yang Pancasilais, cerdas, beriman dan bertaqwa.”

Agustion juga menambahkan, pendidikan yang diberikan oleh guru di sekolah, tidak hanya semata-mata bertanggung jawab sebagai pengajar saja. Guru dan orang tua juga harus berkerjasama dan selalu mengkomunikasikan setiap permasalahan apa saja yang dihadapi oleh murid dan mencari akar dari permasalahan, sehingga tidak memberikan dampak buruk dikemudian hari

Sependapat dengan Agustion, Ny Henny Riza falepi yang juga merupakan narasumber dalam acara workshop pendidikan karakter ini mengatakan, salah satu alasan perlunya diselenggarakan kegiatan ini adalah bahwa  guru bukan sekedar  harus terampil mengajarkan kecakapan teknis. Tetapi  diri dan hidupnya harus menjadi  uswatun hasanah terutama bagi peserta didiknya.  Dengan demikian  guru adalah salah satu pilar dalam pembentukan karakter bangsa kepada para siswa di sekolah.  

Lebih lanjut dikatakan, salah satu tujuan dilaksanakan kegiatan workshop ini adalah  untuk meningkatkan pemahaman  dalam penyusunan  dan mengintegrasikan pendidikan karakter dalam perangkat  dan pelaksanaan pembelajaran.

Henny juga menambahkan, hasil yang diharapkan dari kegiatan workshop ini adalah tersedianya pendidik dan tenaga kependidikan yang  mampu menginternalisasikan pendidikan karakter bangsa dalam kehidupan sehari-hari,  berkarakter unggul, kokoh,  kuat dan mampu menjadi teladan bagi peserta didik, baik di dalam maupun di luar sekolah, ujarnya.  ** Yus

188 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
WhatsAppFacebookTwitterYahoo MailLineGoogle GmailEmailYahoo BookmarksShare

Komentar

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*