Guru Kab. Solok Ikuti Bimtek Karya Tulis

Padang, Editor.- Dalam rangka meningkatkan minat dan gemar baca peserta didik, Bupati Solok mengharapkan kepada seluruh guru guru untuk tidak mengajar secara monoton, guru guru diminta untuk dapat menciptakan inovasi-inovasi baru dalam menjalankan tugas. 

”Kepada seluruh peserta untuk dapat meningkatkan disiplin dalam mengikuti kegiatan ini. Diharapkan juga bisa menggali semua ilmu tentang penulisan karya ilmiah yang benar sehingga dapat memberikan manfaat untuk diri pribadi, anak didik dan masyarakat serta bisa menciptakan karya yang inovatif,” ungkap Bupati Solok, Gusmal, SE.MM dalam sambutannya pada Bimtek Peningkatan Kapasitas Guru SD dan SMP dalam Membuat Karya Tulis bertempat  di Rocky Hoel, Padang, Selasa (26/7).

Bupati Solok mengharapkan kepada 80 orang peserta ini bisa menjadi penulis karya tulis yang handal dan bisa menciptakan banyak karya tulis yg bermanfaat, Bupati Solok juga mengharapkan 80 orang peserta ini bisa menjadi skuad Kabupaten Solok menuju Kabupaten Menulis.

“Untuk menjadikan Kabupaten Solok menjadi kabupaten terbaik, peran aktif serta keseriusan dari seluruh tenaga pengajar untuk membantu program pemerintah dibidang pendidikan dalam bentuk Kabupaten menulis dan SMP Berbasis Pesantren, yang bertujuan tercapainya tujuan pendidikan nasional. Yaitu mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif dan mandiri,” kata Gusmal.

Sebelumnya ketua pelaksana, Syahrul Effendi yang juga Kadis Pendidikan Kab. Solok dalam laporannya menjelaskan, Guru sebagai tenaga pendidik yang profesional memiliki kualifikasi mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi.

Dengan kualifikasi tersebut akan berdampak terhadap kualitas pembelajaran sebagai barometer tercapainya tujuan pendidikan nasional, namun kenyataannya tujuan nasional belum tercapai sebagaimana diharapkan, fenomena diatas semestinya menjadi kajian guru atau pendidik profesional dengan menggabungkannya dalam karya tulis ilmiah yang terpublikasi, sehingga dapat diketahui oleh masyarakat dan pemangku kebijakan dalam dunia pendidikan.

Berdasarkan peraturan daerah nomor 4 tahun 2016 tentang rencana pembangunan jangka menengah daerah tahun 2016-2021, dalam rangka meningkatkan kompetensi guru untuk membuat karya tulis, khususnya dalam publikasi ilmiah dan karya inovatif maka Disdikpora Kabupaten Solok menyelenggarakan bimbingan teknis (penulisan penelitian tindakan kelas dan karya inovatif).

Bimbingan teknis guru menulis ini dilaksanakan untuk kedua kalinya dengan peserta yang sama, pada bimtek pertama peserta dibimbing untuk menghasilkan bahan ajar, makalah dan artikel populer, pada bimtek kedua ini peserta diharapkan bisa menghasilkan laporan penelitian tindakan kelas (PTK) dan buku karya inovatif.

“Peserta kegiatan adalah guru SD dan guru SMP sebanyak 80 orang, yang terdiri dari 50 orang guru SD dan 30 orang guru SMP se Kabupaten Solok,” jelas Syahrul Effendi. ** Febrian D’Gumant/ Oktaberia/Hms.

643 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*