Gubernur Sumbar Sampaikan Nota Pengantar Ranperda Perubahan APBD Tahun 2020

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit saat menyampaikan Nota Pengantar Perubahan APBD Tahun 2020
Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit saat menyampaikan Nota Pengantar Perubahan APBD Tahun 2020

Padang, Editor.- Gubernur Sumbar diwakili Wakil Gubernur Sumbar  Nasrul Abit, dalam Rapat Paripurna DPRD Sumbar, Rabu (16/9/2020), menyampaikan Nota Pengantar Ranperda tentang Perubahan APBD Tahun 2020.

Wakil Ketua DPRD Sumbar H Irsyad Safar mengatakan, memperhatikan Instruksi Mendagri Nomor 5 Tahun 2020 tentang perioritas penggunaan anggran pada Perubahan   Tahun 2020, maka  dalam KUPA PPAS Perubahan  APBD Tahun 2020 gtersbut,disepakati beberapa kebijkan anggaran, diantaranya untuk penanganan covid 19, baik untuk penanganan sektor kesehatan, penanganan dapak ekonomi dan penguatan Jarring pengamanan sosial.

Untuk penanagan kesehatan ,dialokasikan tambahan anggaran yang akan ditempatkan nanti pada pos Belanja Tidak Lansung (BTT). Untuk penanganan dapak ekonomi, dialokasikan anggaran untuk Pemberian subsidi /stimulus bagi UMKM /Koperasi /Usaha Mikro, Usaha kecil Petani, nelayan,  peternak dan masyarakat terdampak lainnya.

Sedangkan untuk penguatan Jarring pengamanan sosial ,dialokasikan anggaran untuk validasi dan verifikaksi data penerima BLT yang banyak bermasaalah.

Disamping itu jelas Irsyad Safar, juga dialokasikan tambahan kegiatan dan anggaran untuk kegiatan strategis OPD yang mendesak untuk dilakukan pada perubahan APBD Tahun 2020.

Sedangkan dari aspek pendapatan daerah, pemerintah daerah akan mengupayakan ada peningkatan penerimaan daerah yang akan diusulkan dalam Ranperda Perubahan APBD Tahun 2020 dari target yang disepakati dalam KUPA PPAS Perubahan Tahun 2020.

Untuk itu dalambpembahasan nanti DPRD dan Pemerintah Daerah, harus mengupayakan semaksimal mungkin pendapatan daerah, terutama yang bersumber dari PAD.

Sesuai dengan ketentun pasal 178 ayat 2 Peraturan pemerintah Nor 12 tahun 2019 ,KUPA PPAS Perubahan Tahun 2020,mnjadi pedoman dalam penysunan RKA SKPD dan ranperda Perubahan APBD Tahun 2020

Acara Rapat paripurna ini dipimpin oleh wakil Ketua DPRD Sumbar H Irsyad Safar, dihadiri oleh Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit ,Pimpinan OPD dijajaran Pemprov Sumbar. ** Herman

 

 

 

129 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*