Gubernur Sumbar Sampaikan Jawaban Atas Pandangan Umum Fraksi

Ketua DPRD Sumbar Supardi saat memimpin rapat paripurna
Ketua DPRD Sumbar Supardi saat memimpin rapat paripurna

Padang, Editor.- Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno menyampaikan Jawaban Gubernur atas pandangan umum Fraksi terhadap Ranperda APBD 2021, dalam rapat paripurna DPRD Sumbar, Jum’at (13/11/2020).

Ketua DPRD Sumbar Supardi dalam pidatonya mengatakan, dalam Pandangan Umum Fraksi tersebut cukup banyak pertanyaan, tanggapan masukan dan saran terkait dengan kebijakan anggaran, program, kegiatan dan alokasi anggaran yang diusulkan dalam Ranperda APBD Provinsi Sumatera Barat tahun 2021.

Dari pertanyaan, tanggapan, masukan dan saran yang disampaikan oleh fraksi fraksi tersebut, diantaranya belum sejalannya penyusunan anggaran. Hal ini dapat dilihat dari program perioritas terjadinya pergeseran alokasi anggaran yang sudah disepakati dalam KUA-PPAS dengan yang diusulkan dalam Ranperda APBD tahun 2021. Belum sejalannya antara perencanaan dan anggaran. Hal ini berdampak terhadap capaian terget kinerja pembangunan daerah yang sudah ditetapkan dalam RPJMD Provinsi Sumatera Barat tahun 2016-2021.

Supardi juga menyampaikan, bagaimana kebijakan dan upaya yang akan dilakukan oleh Pemerintah daerah untuk mewujudkan pertumbuhan Ekonomi (PE) sebesar 4,7 persen s/d 5,7 persen pada Tahun 2021, ditengah tengah  pendemi covid 19 dan resesi ekonomi.

Belum nampaknya reformasi dan inovasi pada sector pendapatan daerah sebagaimana yang dimaksud dalam Permendagri Nomor 64 tahun 2020. Hal ini terlihat dari sumber sumber pendapatan daerah khususnya PAD yang diusulkan dalam Ranperda APBD tahun 2021.

Sampai sejauh mana capain target kinerja dari 10 program perioritas daerah yang telah ditetapkan dalam RPJMD, baik kuntuk sektor Pendidikan, Kesehatan, infrastruktur, ekonomi dan sosial budaya dan bagaimana upaya yang akan  dilakukan dalam bentuk program yang kongkrit untuk mewujudkan capaian kinerja yang masih rendah.

Supardi juga menyampaikan, bagaimana strategi dan seperti apa program yang akan dilakukan oleh Pemerntah daerah dalam penanganan pandemioc covid 19 pada tahun 2021 yang kan datang, baik untuk sektor kesehatan maupun dampak ekonomi.

Rapat paripurna ini dipimpin oleh Ketua SPRD Sumbar Supardi, dihadiri oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, pimpinan OPD dan undangan lainya. ** Herman  

102 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*