Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno: Lantik H. Yulianto, SH, MM Jadi Bupati Pasaman Barat

Gubernur Sumbar melantik H. Yulianto sebagai Bupati Pasaman Barat.
Gubernur Sumbar melantik H. Yulianto sebagai Bupati Pasaman Barat.

Padang, Editor.- Gubernur Sumbar Irwan Prayitno melantik secara resmi H. Yulianto SH, MM wakil Bupati Pasaman Barat sebagai Bupati Pasaman Barat untuk masa sisa jabatan 2016 – 2021, bertempat di Auditorium Kantor Gubernur, Selasa (17/9/2019).

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dalam sambutannya mengharapkan Yulanto dapat  melanjutkan kepemimpinan sebelumnya  yang akan berakhir pada Februari tahun 2021 atau sekitar 18 bulan lagi untuk menjabat sebagai Bupati.

Irwan Paryitno juga berharap Yulianto melanjutkan program program dan kegiatan kegiatan apa yang telah dicanangkan dan dibuat  oleh bupati sebelumnya.

“Yang baik diteruskan yang buruk ditinggalkan, ini merupakan tugas pertama dan utama bagi Yulianto,” kata gubernur.  

Lebih lanjut dikatakannya, harapan ini adalah amanah yang sudah ada sebelumnya  yang perlu dilanjutkan. Waktu 18 bulan adalah sangat sebentar. Kalau tidak segera menuntaskan yang terbengkalai, maka yang terbengkalai itu akan  tetap terbengkalai dan yang barupun sulit untuk dituangkan ke dalam program.

Apalagi  APBD tahun 2020 sudah hampir tuntas KUA PPAS nya, bahkan sudah terbentuk dalam bentuk susunan  program dan anggaranya dan mungkin tidak lama lagi disahkan. Kalau ada ide dari Bupati yang baru itu, sangat sulit, apalagi DPRD nya baru. Jadi pada tahun 2020 hanya meneruskan yang ada .jadi yang paling penting adalah melanjutkan yang ada.

Irwan parayitno juga mengharapkan agar  Yulianto Bupati Pasaman Barat yang baru agar dapat membina hubungan dengan DPRD, karena DPRD satu rumah dengan pemerintah daearah walaupun beda kamar. Satu kamar adalah pemda, satu kamar lagi DPRD.  Dengan kebersamaan kemitraan hubungan  baik dengan DPRD akan memperlancar program program pemda.

Secara konstitusi dan Undang Undang DPRD hadir memberikan dukungan kepada Pemda. Baik dalam bentuk Perda Perda dibuat berdua dan anggaran APBD  didalamnya ada program perioritas, itupun disahkan bersama DPRD. Sehingga  dengan komunikasi yang baik akan memperlancar program pembangunan di Pasaman Barat.

Mungkin Dalam perjalanan perlu inovasi baru yang tanpa harus membutuhkan anggaran dari APBD. Diantaranya bekerja sama dengan Gunernur dan pemerintah pusat. Dengan banyaknya inovavsi akan memberikan suatu yang baik untuk Pasaman Barat.

“Sementara itu potensi yang ada di Pasaman Barat sangatlah terbatas sepeti Kabupaten Kota lainya di Sumatera Barat, PAD yang menjadi andalan sedikit sekali, artinya uang kita tidak cukup. Untuk itu perlu mengalang berbagai kekuatan yang dimiliki baik dari ranah maupun dari rantau, karena perantau kita diluar banyak yang sukses. Mari kita rangkul para perantau untuk membangun kampung halaman,” ajak gubernur.

Selain dari itu, lanjut Irwan Prayitno, investasi harus terus dipayakan. Baik yang datang dalam Pasaman Barat, dari provinsi bahkan dari laur negeri untuk  mendatangkan uang, guna menggerakan ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan, meningkatkan pendapatan mengurangi kemiskinan dan pengangguran. Omong kosong dan janji bohong  sekiranya kepala daerah saat kampanye ingin mensejahterakan rakyatnya tapi tanpa dukungan dari luar.

“Saya sudah otak atik semua angka angka rupiah, bahkan kami setiap tahun mengevaluasi APBD Kabupaten Kota. Rasanya tak mungkin dengan uang terbatas bisa mensejahterakan rakyat tanpa menggalang kekuatan  diluar dari  apa yang kita miliki. Jadi omong kosong kalau seandainya  kepala derah berdiam diri di bisa mensejahterakan rakyatnya. Sementara DAU yang paling besar datang dari pusat itu sebagian besar untuk gaji, untuk belanja pegawai,” ujar Irwan Prayitno.

Pada kesempatan ini Irwan Prayitno juga mengingatkan, selaku upati ikutilah aturan yang berlaku jangan sampai sekali kali melanggar walaupun desakan dari sana sini, tetaplah kosisten mengikuti  aturan yang ada karena itulah yang terbaik.  

Acara pelantikan Bupati Pasaman Barat ini dihadiri oleh Para Pejabat di lingkungan Pasaman Barat dan anggota Forkopimda Kabupaten Pasaman  Barat serta undanngan lainya . **  Herman

437 Total Dibaca 4 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*