Gubernur Irwan Prayitno, Humas Mesti Tahu Peran dan Fungsinya

Rakor Bako Humas terkait Pilpres di Sumbarr.
Rakor Bako Humas terkait Pilpres di Sumbarr.

Padang, Editor.- Biro Humas Sekretariat Daerah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) Badan Koordinasi (Bako) Humas Provinsi Sumbar bertajuk Peran Humas Dalam Menciptakan Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 yang Damai di Gedung Rohana Kudus Padang, Kamis (1/11).

Hadir dalam kesempatan itu Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, Komisioner Badan Pengawas Pemilu Sumbar, Humas BUMN/BUMD, dan Humas OPD dilingkungan Pemprov Sumbar,  Humas Kabupaten/Kota se-Sumbar.

Gubernur Irwan Prayito sebagai pembicara utama menyampaikan,  berkembangnya isu-isu yang tidak benar tentang pemerintah membuat masyarakat tidak nyaman.

“Disini, dituntut peran humas corong informasi pemerintah daerah. Humas pemerintah mesti tahu peran dan fungsinya ,” ujar Gubernur.

Gubernur Irwan Prayitno menegaskan,  peran humas tidak hanya dalam berbentuk press release, tapi bisa dalam bentuk menyampaikan kebijakan, meluruskan hoax, klarifikasi, sebagai penengah, dan lain sebagainya.

“Humas amat penting dan tidak bisa disepelekan karena akan berdampak pada arus komunikasi dan informasi, jika terjadi stagnat informasi masyarakat bisa salah persepsi dan stabilitas daerah bisa terganggu, ujar Irwan Prayitno.

Irwan Prayitno menambahkan, berjalannya peran dan fungsi humas diharapkan masyarakat bisa cerdas akan berbagai informasi yang berkembang, misalnya, memberitahukan lowongan pekerjaan, menarik investor, dan lain sebagainya.

“Humas juga dituntut profesional sesuai dengan kode etik yang telah ditetapkan,” ungkap Irwan.

Apalagi di musim pemilu, pernah humas semakin banyak dan harus mengantisipasi berita hoax yang marak sering terjadi. Dan humas pemerintah juga harus menjalin hubungan baik dengan kalangan media massa, apakah itu media cetak, elektronik maupun media online maupun dengan insan pers wartawan itu sendiri.

“Efektifnya kinerja humas juga dilihat dari karakter humas itu sendiri. Petugas humas harus fleksibel dan berwawasan luas agar bisa menjalin hubungan dengan berbagai kalangan,” ujar Irwan.

Humas pemerintah selalu mendapat dukung penuh dari pemerintah daerah,  serta hampir semua usulan kegiatannya selalu diberikan anggaran dan perhatian lainnya.

Kepala Biro Humas Setda Provinsi Sumbar,  Drs.Jasman, MM., mengatakan humas merupakan orang-orang yang andal dalammenyebarkan informasi pemerintah daerah.

“Di tahun politik ini humas pemerintah harus bisa memberikan informasi yang sejuk  dan wawasan yang mencerdaskan kepada masyarakat,” ujarnya.

Tujuan diadakannya Rakor Bako Humas ini adalah sebagai wadah dalam menghimpun, mencari informasi dan membahasan solusi informasi terhadap masalah-masalah yang berhubungan dengan pemerintah.

“Humas berperan membantu pemerintah dalam melancarkan arus informasi antara pemerintah dengan stekhokder dan pemerintah dengan masyarakat,” ungkapnya. ** Zardi/Hms

287 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Advertisements
Advertisements
Advertisements
Advertisements
Previous Image
Next Image

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*