Gubernur Irwan Prayitno, “Ambo Lah Jadi Seniman jo Budayawan”

Padang, Editor.- Gubernur Sumbar Irwan prayitno merasa dirinya telah jadi salah seorang seniman dan budayawan di Sumatera Barat karena telah menerbitkan buku lebih dari 40 judul. Selain itu kini dia juga  sedang memproses penerbitan buku pantun spontan  sebanyak lima edisi dan sejak dari saat dilantik hingga saat ini telah lebih dari 7.000 bait pantun spontan yang dia sampaikan, baik dalam diskusi maupun dalam setiap acara.

“Manuruik ambo  jo karangan buku-buku labiah dari 40 buah karya nan alah ditabik an, ambo lah menjadi salah satu seniman dan budayawan pulo di Sumatera Barat. Kini ambo juo sadang memproses penerbitan buku lima edisi pantun spontan,” kata Irwan Prayitno.

Hal ini disampaikan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno ketika menerima Audiensi Keluarga Besar SMKN 4 (SSRI/SMSR) Padang di rumah dinas kediaman Gubernuran, Kamis sore, ( 19/1/2017 ). Ikut mendampingi Kepala Dinas Kebudayaan Sumbar Taufik Effendi.

Lebih lanjut Irwan Prayitno menyampaikan, berkesenian dalam pelaksanaan tugas merupakan hobi dan mengembangkan kreatifitas diri untuk lebih memaksimalkan tugas-tugas sebagai kepala daerah.

“Banyak hal yang tumbuh dan berkembang dalam pemikiran kita sehari-hari sesuai dengan dinamika perkembangan yang terjadi saat ini. Dengan berkesenian mampu membuat hidup kita lebih enjoi dan dinamis menghadapi rutinitas tugas sehari-hari,“ ujar Irwan Prayitno.

Gubernur Irwan Prayitno yang juga sosok dramer di IP Band, juga mengatakan bangga dan senang dengan kemampuan SDM senirupa Sumatera Barat yang hampir 50 persen berkarya secara nasional di Yogyakarta, Bali, Bandung dan Jakarta bahkan ada yang diluar negeri.

“Kita menyakini masyarakat Sumatera Barat dengan khas adalah pejuang pemikir, konseptor juga berkeseni rupaan dalam menyampaikan gagasan , ide dan pesan-pesan sosial dengan kreatifitas yang tinggi, “ ungkap Irwan Prayitno bangga.

Oleh karena itu mari kita bangkitkan kembali pengembangan kesenirupaan Sumatera Barat, apalagi saat ini kita sudah memiliki Dinas Kebudayaan yang memiliki tugas dan fungsi untuk memajukan dan melestarikan seni budaya Sumatera Barat.

“Marilah kita bersama, seniman, budayawan dan seluruh komponen masyarakat berkarya untuk Sumatera Barat yang Madani, Sejahtera dan  Bermartabat, demi kemajuan pembangunan daerah yang lebih baik, ajaknya.

Rombongan Keluarga Besar SMKN 4 (SSRI/SMSR) yang terdiri dari Majelis Guru, Komite Sekolah dan Alumni SSRI/SMSR/SMKN 4 Padang, dengan Gubernur Prov. Sumbar, Prof. Dr. H. Irwan Prayitno, Psi, M.Sc di dampingi Kepala Dinas Kebudayaan Prov. Sumbar Taufik Effendi, terdiri dari  rombongan dipimpin Kepala SMKN 4 Padang, Zulkifli, S.Pd di dampingi Ketua Komite Drs. H. AM. Y. Dt. Garang dan Muharyadi (Pendidik, Seniman dan Sekum Alumni SSRI/SMSR/SMKN 4 Padang se-Indonesia) dan Zardi Syahrir Kabag Penyelenggaraan Informasi Pimpinan Biro Humas yang juga salah satu alumni SMSR Padang.

Audiensi ini dilakukan guna mendiskusikan perihal pengembangan pembangunan seni budaya bidang seni rupa Sumatera Barat, peran SMKN 4 (SSRI/SMSR) Padang beserta alumninya di seantero nusantro untuk bersama-sama memikirkan seni rupa di Sumatera Barat kedepan, baik dalam ranah pendidikan maupun kekaryaan senirupa. ** Zardi/Hms

887 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*