Genius Umar Ikuti Musrenbang Teleconfrence Provinsi Sumbar Tahun 2021

Genius Umar.
Genius Umar.

Pariaman, Editor.- Walikota Pariaman, Genius Umar mengikuti Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tahun 2021 dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021 secara online melalui teleconfrence di Ruang Rapat Walikota Pariaman, Rabu (15/4).

Musrenbang juga diikuti oleh beberapa Walikota/Bupati se-Sumbar yang dibuka langsung oleh Gubernur Provinsi Sumbar, Irwan Prayitno.

Dalam kesempatan tersebut Walikota Pariaman, Genius Umar juga menyampaikan beberapa saran dan masukan mengenai Musrenbang Tahun 2021, bahwa kami sangat setuju  dengan arahan dari Gubernur Sumbar bahwa kita kedepan akan mengembangkan sektor pertanian dan ekonomi.

”Dampak dari perencanaan kedepan bisa mengenai dampak covid-19 pada tahun ini, maka pada Tahun 2021 pasti mulai ada masalah kesehatan, ekonomi dan jaringan sosial,” katanya

Lebih lanjut Genius mengatakan, faktor kesehatan memang harus ditingkatkan, sementara dari sektor ekonomi memang melalui dukungan dari sektor pariwisata kita yaitu bagaimana Pemerintah Provinsi dengan kabupaten/kota memiliki kerjasama yang erat dimana kinerja pariwisata kita di tahun depan harus meningkat dua kali lipat kinerjanya.

“Maka nantinya akan mampu  menampung lapangan pekerjaan baru sehingga masalah lapangan pekejaan dan penanggulangan kemiskinan bisa teratasi dan sektor pariwisata kedepan tentu akan menjanjikan,” tuturnya.

Selanjutnya sektor pertanian memang harus ditingkatkan mulai dari padi, dan sebagainya. Sehingga sektor pertanian sendiri yang memiki daya ekonomi tinggi karena masih banyak nilai-nilai pertanian yag rendah secara ekonomi namun kita harus lebih mengupayakan bagaimana pertanian ini dapat memiliki ekonomi yang tinggi.

Disamping itu, Genius juga menuturkan khususnya Kota Pariaman untuk mendukung pariwisata dan perekonomian sesuai dengan kata Bupati Kepulauan Mentawai bahwa kita telah menyiapkan perencanaan pelabuhan penyebarangan Kota Pariaman-Kep.Mentawai dan begitu sebaliknya serta Kota Pariaman-Kep.Telo dan beberapa pulau didaerah Sumatera Utara.

“Dan ini merupakan sejarah di Kota Pariaman dan kembali digalakkan sehingga nantinya kalau kita mendorong pariwisata bahari di Mentawai kita Pariaman bisa meningkatkan perekonomian sebagian dari Provinsi Sumbar,” sambungnya.

Dengan bantuan dari Gubernur nantinya kita akan surati bersama-sama untuk mendapatkan dukungan dari pemerintah pusat yaitu Kementerian Perhubungan.

“Sedangkan, untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kota Pariaman kami akan terus melanjutkan program satu rumah satu sarjana (saga saja) dengan APBD Kota Pariaman tetapi kalau ada dukungan dari provinsi tentu akan lebih baik juga. Kemudian bantuan subsidi kepada pelajar SMA, SMK yang ada di Kota Pariaman akan terus ditingkatkan dan jika ada dukungan dari provinsi kami mengucapkan terima kasih,” tutupnya.

Sementara, Gubernur Provinsi Sumbar, Irwan Prayitno menanggapi yang disampaikan Walikota Pariaman, Genius Umar bahwsanya dari sektor pariwisata yang menjadi proritas bagus sekali untutk meningkatkan pendapatan.

“Kami dari provinsi sangat mendukung dan kalau bisa semangatnya tidak boleh berkurang, Namun untuk membuat pelabuhan yang akan dibuat perlu dibuat kajian yang mantap, setidaknya di muaro yang ada di Kota Pariaman,” katanya.

Irwan Prayitno juga menuturkan, untuk Pertanian ini tidak hanya sawah namun juga termasuk perkebunan, peternakan dan perikanan harus lebih ditingkatkan sehingga ini bisa menambah pendapatan masyarakat.

“Sedangkan satu rumah satu sarjana, kami sudah meminta kepada Kadis Pendidikan Provinsi Sumbar untuk mendukung karena ini ide yang bagus dan terus didampingi dari Provinsi Sumbar,” katanya** Afridon /Rel

133 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*