Gempita Targetkan 500 Hektar Lahan Jagung di Limapuluh Kota

Limapuluh Kota, Editor.- Wakil Bupati Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan, mendukung penuh salah satu program pertanian yang digeber oleh Gerakan Pemuda Tani (Gempita) Sumatera Barat. Di Kabupaten Limapuluh Kota, Gempita menargetkan bakal menyulap sekitar 500 hektar lahan tidur menjadi kebun jagung. 

“Kita mendukung penuh program Gempita bersama Dinas Pertanian dan Perkebunan Sumbar. Khusus di Limapuluh Kota, program ini tentu sangat bermanfaat sekali, terutama guna mendorong program swasembada pangan,” kata Wabup Ferizal Ridwan, usai mengikuti tanam perdana di Nagari Tujuah Koto Talago, Sabtu (28/7).

Ferizal menyebut, salah satu kunci menghadapi tantangan di era globalisasi, yakni melalui peningkatan sumber daya manusia, terutama generasi muda. Peran dan kreatifitas para pemuda dalam berkarya diyakini mampu meningkatkan daya saing produk daerah seperti produk-produk pertanian.

Program yang dilakukan Gempita, menurutnya, secara langsung akan berdampak terhadap peningkatan ekonomi masyarakat. Ferizal juga mengimbau, seluruh organisasi kepemudaan dapat berperan aktif dengan lebih meningkatkan kualitas daya saingnya.

Selain Wabup, turut hadir Kepala Dinas Pertanian Sumbar, Adistan Candra. Kemudian juga, Kabid Tanaman Pangan Distan Sumbar, Maswal, Kadis Pertanian Limapuluh Kota, Eki, dan Forkopimda.

Sekitar 500 petani muda yang tergabung dalam Gerakan Pemuda Tani (Gempita) Sumbar dan Pramuka siang itu mengikuti tanam perdana bersama untuk program Jagungkan Lahan Tidur.

Kadis Pertanian Sumbar, Candra mengaku sangat bersemangat membina Gempita dan mengapresiasi kader Gempita Sumbar yang mau berbuat selaku pemuda yang mau berkecimpung di program ‘Jagungkan Lahan Tidur’ tersebut.

Koordinator Wilayah Gempita Sumbar, Nurkhalis menyebut, penanaman ini sengaja dilaksanakan dalam rangka peringatan Hari Sumpah Pemuda. Ia mengajak pemuda Sumbar bangga menjadi petani.

“Mari sejahterakan keluarga dengan bertani. Gempita Sumbar punya motto ‘Modernisasi petani, rang mudo manaruko,” ajak Nurkhalis. Selain di Limapuluh Kota, program ini juga akan dilaksanakan di Kota Solok, Kabupaten Solok Selatan, dan Kabupaten Agam.

“Sebanyak 14 daerah Korda Gempita yang telah terbentuk di Sumbar siap menyukseskan program Jagungkan Lahan Tidur ini. Di Sumbar, sepanjang 2017 Gempita sudah memiliki 6000 Ha calon lahan (CPCL) untuk ditanami jagung,” tutur Nurkholis. ** SAS/Aking 

 

 

857 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*