Gedung UKK Imigrasi Kelas II TPI Non Agam Diresmikan: Bupati Pasaman Apresiasi Apresiasi Kemenkum HAM

Bupati Yusuf Lubis dan pejabat terkait di salah satu ruang pelayanan.
Bupati Yusuf Lubis dan pejabat terkait di salah satu ruang pelayanan.

Pasaman, Editor.- Keberadaan Kantor Imigrasi angat besar manfaatnya dalam meningkatkan pelayanan keimigrasian, mempercepat pelayanan kepada masyarakat Kabupaten Pasaman.
Jarak tempuh perjalanan yang selama ini jauh ke Kabupaten Agam untuk pengurusan dan juga dapat mengurangi biaya selama pengurusan, hal ini memberikan manfaat bagi daerah sekitar Kabupaten Pasaman, yakni Kabupaten Pasaman Barat, Kabupaten Madina, Kabupaten Padang Lawas Utara maupun Kabupaten Rokan Hulu,

Foto bersama usai peresmian.
Foto bersama usai peresmian.

Demikian dikatakan Bupati Pasaman, Yusuf Lubis dalam sambutannya pada peresmian gedung Unit kerja kantor Imigrasi kelas II TPI Non Agam di Nagari Tanjung Beringin Kecamatan Lubuk Sikaping, Selasa (7/7/2020).

“Saya yakin dengan strategisnya posisi kabupaten Pasaman, keberadaan kantor ini sangat berpengaruh terhadap peningkatan kinerja bidang keimigrasian Provinsi Sumatera Barat,” ujar Yusuf Lubis.

Bupati Pasaman H.Yusuf Lubis dalam pidatonya juga menyampaikan, Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman beserta masyarakatnya, mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada segenap jajaran kementerian Hukum dan HAM bidang Imigrasi yang telah berkomitmen penuh sehingga seluruh proses yang dilalui selama ini berjalan lancar hingga diresmikannya kantor Imigrasi kelas II TPI Non Agam di kabupaten kita ini.

Bupati Yusuf Lubis saat melakukan uji sistem pelayanan.
Bupati Yusuf Lubis saat melakukan uji sistem pelayanan.

Sementara itu Kakan Imigrasi Wilayah II Agam Dani Cahayadi dalam laporannya, mengapresiasi Pemda Pasaman yang telah memfasilitasi menyediakan Gedung Unit kerja Kantor Imigrasi Kelas II TPI Non Agam di Kabupaten Pasaman.

“PosisiKabupaten Pasaman sangat strategis untuk pengurusan Paspor karena dekat dari Kabupaten Pasbar, Kabupaten Madina, Kabupaten Padang Lawas Utara, dan Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau,” ujar Dani.

Pada kesempatan itu Kankanwil kementerian hukum dan HAM Provinsi Sumatera Barat Suharman, BC.I.P, SH., MH menyampaikan, sebelum Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman mengajukan pendirian Kantor Imigrasi Kelas III Pasaman dengan pengajuan Surat Bupati Pasaman Nomor 005/132/Pem-2018 tanggal 08 Febuari 2019 perihal pembahasan pembentukan kantor Imigrasi Kelas III Pasaman.

Pendirian UKK Pasaman ini berpedoman kepada Surat Menteri Hukum dan HAM RI No MH -02.OT.01.01 Tahun 2017 tentang Unit kerja keimigrasian dan Peraturan Direktorat Jendral Imigrasi Nomor MH-02.OT.01.01 tahun 2017 tentang Prosedur Pembentukan Kinerja Keimigrasian.

Salah satu prosesi peresmian kantor UKK Imigrasi Tanjung Beringin, Pasaman.
Salah satu prosesi peresmian kantor UKK Imigrasi Tanjung Beringin, Pasaman.

Menurut pandangan Suharman, BC.I.P, SH., MH melalui pendirian Unit kerja keimigrasian (UKK) kantor Imigrasi kelas Non III TPI ini masyarakat bisa semakin mudah dan dekat jaraknya untuk mendapatkan pelayanan keimigrasian, serta bisa mengoptimalkan petugas dalam penyelenggaraan pengawasan keimigrasian terhadap Warga Negara Asing yang tinggal diwilayah tersebut, maupun warga negara kita sendiri yang mengajukan permohonan Paspor, ujar Suharman.

Turut hadir pada kegiatan ini Bupati Pasaman Barat H. Yulianto beserta Forkopimda Pasaman, Sekdakab Pasaman Drs. H. Maraondak, Staf Ahli, Asisten, Kepala Dinas Kominfo Wiliam Hutabarat, S.Kom, Kepala OPD, Camat, Wali Nagari se-Kabupaten Pasaman, Kabid. Humas Aprialdi Said, SH serta rekan jurnalis. ** Tim/Adv

246 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*