Gedung Promosi Solok Nan Indah Belum Dimanfaatkan UMKM Secara Maksimal

Arosuka, Editor.- Gedung Promosi Solok Nan Indah yang terletak di Salayo dan diresmikan pemakaiannya oleh Bupati Solok, Gusmal, SE, MM awal Juni 2017 lalu, belum termanfaatkan secara maksimal oleh para pengusaha kecil dan menengah  Kab. Solok sebagai sarana promosi dan pengembangan usahanya.

Hal tersebut diakui oleh Kepala Dinas Koperindag Kab. Solok, Nasripul. SH, MM ketika ditemui disela-sela kegiatan mendengakan pidato kenegaraan Presiden RI dalam menyambut HUT Kemerdekaan RI ke 72 di Geduang Sidang Utama DPRD Kab. Solok, Rabu (16/8).

Menurut Nasripul, salah satu penyebabnya adalah disebabkan kurangnya pengusaha kecil dan menengah di Kab. Solok yang mampu menghasilkan produk dalam jumlah besar. Bahkan bisa dikatakan produk-produk yang ada adalah hasil dari kerja sambilan dari orang bekerja dibidanglain.

“Dari itu kini Dinas Koperindag Kab. Solok sedang mengumpulkan data tentang jumlah UMKM yang betul-betul serius mengembangkan usahanya untuk dibina dan diusahakan pengembangannya,” kata Nasripul.

Lebih lanjut dikatakannya, secara umum pengusaha kecil dan menengah yang ada di Kab. Solok belum mampu memenuhi kebutuhan pasar. Dalalam artian, bila ada konsumen yag butu salah satu komoditi dalam jumlah besar, mereka tidak sanggup menyediakan.

“Pada hal pada prinsipnya Kab. Solok punya potensi pengembangan industri kecil dari hulu sampai ke hilir dalam berbagai komoditi. Diantaranya bisnis oleh-oleh kuliner seperti keripik pisang, kerupuk ubi, sirup markisah dan beberapa koditi lainnya,” jelas Nasripul.

Untuk itu, lanjutnya, selain melakukan pembinaan kepada UKM, sekarang kita juga sedang mengupayakan kerjasama dengan lembaga terkait agar Gedung Promosi Solok dan Indah termanfaatkan secara maksimal dalam peningkatan taraf perekonomian masyarakat dan pengembangan pariwisata di Kab. Solok. ** Rhian

576 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*