Gedung Baru PMI Kota Solok Diresmikan, Wako Zul Elfian Tandatangani Prasasti

Peresmian gedung baru PMI Kota Solok.
Peresmian gedung baru PMI Kota Solok.

Solok, Editor.-  Pengguntingan pita oleh Ketua LKAAM Kota Solok H. Rusli Khatib Sulaiman dan penandatanganan prasasti oleh Wali Kota Solok H.Zul Elfian menandai  peresmian Gedung baru PMI Kota Solok, Rabu (25/9 ).

Peresmian Gedung Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Solok, dirangkai dengan Pemberian Piagam Penghargaan Donor Darah, serta Launching aplikasi Simondar (Sistem Informasi Manajemen Donor Darah) dalam rangka memeriahkan HUT PMI Ke-74 tingkat Kota Solok di  lapangan Area PMI.

Kegiatan ini dihadiri, Kepala Bidang Pembina Kualitas UTD PMI Pusat L Dr. Robby Nur Aditya, Kepala PMI Provinsi Sumatera Barat H.Aristo Munandar, utusan seluruh PMI Kabupaten/kota se Sumbar, Ketua PMI Kota Solok Yutris Can, Wakil Ketua DPRD Kota Solok Efriyon Coneng, Kapolres Solok Kota AKBP Ferry Suwandi, Forkopimda Kota Solok, Anggota DPRD Sumbar Daswippetra Dt.Mjj Alam, para kepala OPD, pengurus dan anggota PMI Kota Solok, serta para pendonor darah dan para serta lapisan  masyarakat.

Wali Kota Solok H.Zul Elfian dalam arahannya mengucapkan rasa terimakasih dan penghargaan kepada PMI Kota Solok yang selama ini telah bekerja keras, cerdas dan ikhlas menjalankan misi kemanusiaan ini.

 “Alhamdulillah saat ini, PMI Kota Solok telah memiliki gedung baru yang berhasil dibangun berkat sinergitas Pemko Solok dan DPRD Kota Solok. PMI Kota Solok juga berhasil memperoleh juara umum se Sumbar pada puncak peringatan HUT ke 74 PMI tingkat Provinsi Sumatera Barat di Kota Bukittinggi. Keberhasilan itu menunjukkan bahwa PMI Kota Solok sangat serius menjalankan misi kemanusiaan,” puji H.Zul Elfian.

Beberapa waktu lalu, saat terjadi Kejadian Luar Biasa di Asmat Papua, PMI Kota Solok juga menunjukkan kepeduliannya dengan hadir langsung memeberikan pertolongan dan pelayanan disana.

“Semoga dengan adanya gedung baru ini, semangat PMI Kota Solok akan semakin tinggi dalam menjalankan misi kemanusiaan,” ungkap H.Zul Elfian.

Sementara itu Kepala Bidang Pembina Kualitas UTD PMI Pusat  Dr. Robby Nur Aditya memaparkan, saat ini Unit Donor Darah (UDD) sudah seperti pabrik obat, yang mana bahan baku satu-satunya berasal dari manusia. Untuk itu PMI Kota Solok yang memiliki gedung semegah ini, tentunya jangan sampai stok darah yang ada di Kota Solok dalam keadaan kosong.

“Mudah-mudahan dengan peresmian gedung baru ini, akan menjadi awal dari pelayanan darah yang semakin meningkat dan semakin baik sehingga PMI Kota Solok juga dapat menjadi contoh bagi daerah lainnya,” ungkap Robby.

Dalam hal ini , Ketua PMI Provinsi Sumatera Barat H.Aristo Munandar mengucapkan selamat kepada PMI Kota Solok, yang telah memiliki gedung baru, semoga semakin menambah semangat dalam melakukan misi kemanusiaan untuk kedepannya.

Pada kesempatan itu, Aristo Munandar, juga mengucapkan terimakasih yang setulus-tulusnya kepada Pemko dan DPRD Kota Solok, yang telah memberikan komitmen luar biasa guna menyukseskan misi kemanusiaan di Kota Solok.

Menurut Aristo Munandar, dulunya tugas PMI hanya sebatas donor darah, namun saat ini terdapat delapan tugas pokok PMI yakni tugas membantu bencana kerusuhan/peperangan, mempersiapkan donor darah, membentuk relawan, mengadakan diklat kepalangpemarahan, memberikan informasi/sosialisasi ke berbagai pihak, guna untuk membantu bencana dalam dan luar negeri, membantu tugas dinas sosial dan kesehatan, serta membantu pemerintah mengatasi masalah-masalah kemanusiaan.

“Dengan semakin banyaknya tugas PMI tersebut, diharapkan kerja keras dari seluruh unsur di PMI guna menyukseskan misi kemanusiaan ini. Apalagi, dengan gedung baru ini kita mengharapkan PMI Kota Solok, kedepannya bisa dijadikan sebagai tempat pusat pembinaan dan pelayanan Unit Donor Darah (UDD) PMI Sumbar,” kata Aristo.

Ketua PMI Kota Solok Yutris Can juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu kegiatan kemanusiaan PMI di Kota Solok dan Provinsi Sumatera Barat. Meskipun saat ini masih ada kekurangan, namun kita tetap bisa memenuhi kebutuhan darah di Kota kita ini.

Yutris Can juga mengungkapkan, untuk kedepannya, kekurangan yang ada di PMI Kota Solok akan secepatnya dilengkapi untuk kelancaran misi kemanusiaan PMI Kota Solok. Yutris Can menghimbau Kepada seluruh anggota PMI jangan pernah menyerah dan putus asa untuk misi kemanusiaan ini,  mari kita bersama untuk mewariskan kepada anak generasi muda kita yang ada di Kota Solok ini untuk melanjutkan selalu misi kemanusiaan ini.

Pada kesempatan itu, juga diserahkan piagam penghargaan kepada para pendonor darah, yang selama ini telah mendonorkan darahnya di PMI Kota Solok. Adapun rinciannya, 10 kali donor untuk 476 orang, 25 kali donor untuk 89 orang, 50 kali donor untuk 12 orang, 75 kali donor untuk 9 orang, serta 100 kali donor untuk 3 orang. ** Suhardi Syam

514 Total Dibaca 2 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*