Gebyar Pilwana Dharmasraya, Pendaftaran Antos Anneja Dimeriahkan Talempong

Dharmasraya, Editor.- Calon Wali Nagari Sungai Dareh Antos Anneja siang tadi mengembalikan berkas formulir pendaftaran. Cawana termuda itu diantar oleh puluhan kaum ibu dan pendukungnya diiringi oleh alat musik tradisional khas Minangkabau, Talempong.

Di sepanjang jalan menuju tempat pendaftaran alat musik itu dimainkan tanpa henti. Panas terik mentari siang itu, tidak melunturkan semangat pendukung Antos yang mayoritas diisi oleh kaum wanita atau bundo kanduang.

“Kami mengantarkan anak kami, cucuang kami untuk ka jadi calon Wali Nagari, mudah-mudahan dan Insya Antos manang. Kito mandatkan nagari kito ko ka nan mudo lai, buliah maju dan berprestasi,” kata mereka.

Tentunya, arak-arakan itu menarik perhatian warga setempat yang sebelumnya tidak terlihat pada proses pendaftaran calon-calon Wali Nagari sebelumnya. “Ini baru berasa pesta demokrasi, jadi kita yang akan memilih ini juga ikut bersemangat,”tutur salah seorang warga yang berpendapat bahwa pesta demokrasi itu harus semarak tapi tetap tertib, sopan dan sesuai etika, adat dan istiadat.

Sejumlah perangkat dan Panitia pemilihan Nagari menyambut kehadiran bakal calon pemimpin enam tahun kedepan. Dengan wajah penuh simpatik, panitia mempersilakan sang calon dan pendukungnya untuk masuk dan duduk di tempat yang telah disediakan.

Panitia pun mulai memverifikasi berkas calon yang diantar. Satu-persatu diperiksa dengan terperinci syarta-syarat kelengkapan untuk menjadi seorang pemimpin Nagari yang kelak akan mengayomi warga masyarakat, menjaga warisan adat dan budaya serta tentunya mengangkan perekonomia masyarakat setempat yang mayoritas bersandar pada pertanian dan perkebunan.

Setelah selesai, panitia mempersilahkan kepada bakal calon untuk memberikan kata sambutan satu-dua patah kata. Dalam sambutannya Antos mengucapkan terimakasih kepada seluruh pendukung yang telah bersedia meluangkan waktu mengantarnya untuk mendaftar.

“Apresiasi kepada Panitia yang telah melakukan proses pendaftaran sehingga tahapan proses pencalonan berjalan tertib dan lancar,”ujarnya.

Kepada media ini pemuda yang bergelar Sarjana Pendidikan itu berharap pesta demokrasi ini berlangsung elegan sehingga tercipta Pilwana Badunsanak tanpa perlu bermusuhan antara satu dengan yang lain. Karena antar sesama calon saling kenal, ada yang punya hubungan dara dan jalur kekerabatan.

Menurut ketua Panitia Pemilihan Nagari, Ariswanyedi sampai saat ini tiga calon Wali Nagari telah mengantarkan berkas, dari lima calon yang mengambil formulir pendaftaran.

“Insya Allah besok ada dua calon yang akan mengembalikan berkas formulir pendaftaran,” tutur Aris. ** Jefri Hidayat

2592 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*