Gebu Minang Belum Menyentuh Masyarakat di Nagari dan Pedesaan

Ir Hendra Irwan Rahim Bersama Ketua DPP Gebu Minang Oesman Sapta Odang saat mengahdiri acara pelantikan pengurus Gebu Minang se Sumbar.
Ir Hendra Irwan Rahim Bersama Ketua DPP Gebu Minang Oesman Sapta Odang saat mengahdiri acara pelantikan pengurus Gebu Minang se Sumbar.

Padang, Editor.- Keberadaan Gebu Minang baru dirasakan oleh masyarakat yang ada di Ibukota Kabupaten dan Kota Madya,belum menyentuh masyarakat yang ada di Nagari Nagari  Desa dan Kelurahan. Untuk itu kedepan Gebu Minang perlu dikembangkan sampai ke tingkat terendah.

Hal ini disampaikan Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat Ir Hendra Irwan Rahim dalam sambutannya saat menghadiri pelantikan pengurus  DPD Gebu Minang se Sumatera Barat, Kamis 8/2/2018 lalu di Hotel Bumi Minang Padang.

“Dengan kehadiran Gebu Minang sampai ketingkat terendah, diharapkan masyarakat dapat merasakan keberadaanya,” kata Hendra Irwan Rahim.

Pada kesempatan ini Hendra juga berharap agar Gebu Minang ini mampu menjadi motivator pertumbuhan dan pergerakan ekonomi masyarakat di daerah dan mampu pula menjadi fasilitator untuk perkembangsn ekonnomi masyarakat. Ekonomi masyarakat banyak yang tidak jalan karena tidak ada pasar, rendahnya kualitas produk serta sulitnya permodalan .

Untuk itu jelas Hendra, Gebu Minang diharapkan dapat menjadi fasilitator untuk mengatasi permasalahan ekonomi masyarakat tersebut, karena banyak masyarakat Sumatera Barat yang sukses di perantuan dan memiliki kemampuan modal yang cukup besar. Potensi ini semestinya dapat digarap oleh Gebu Minang untuk menghimpun modal dari para pengusaha Minang diperantauan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah.

Dengan dilabtiknya Kepengurusan Gebu Minang se Sumatera Barat ini untuk periode 2018 -2023, Ketua DPRD Sumbar ini berharap peran dan kontribusi Gebu Minang dapat lebih terasa masyarakat Sumatera Barat sampai ketingkat perdesaan .

Sementara itu Ketua Umum DPP Gebu Minang Pusat Oesman Sapta Odang  Dt Bandaro Sutan Nan Kayo juga menyampaikan, organisasi kita ini adalah organisasi yang besar Minang itu mulai bangkit kembali .

“Saya kira orang Minang itu yang ada di perantauan paling paling 5 sampai 6 juta. Tenyata orang Minang di seluruh Indonesia dan luar negeri sudah melebihi angka 16 juta orang.  .kalau masing masing  orang menyumbang Rp 10 ribu saja kurang lebih terkumpul uang Rp 150 Milyar/Tahun,” ujar Oesman Sapta.

Sementara itu Ketua DPW Gebu Minang Provinsi Sumatera Barat H, Boy lestari Dt Palindih mengatakan, ia berharap dalam waktu dekat masing DPD segera membetuk pengurus DPC  Gebu Minang di Kacamatan Kecamatan dan Ranting di Seluruh Sumatera Barat.

Setelah dilantik, DPD Gebu Minang Sumbar diberi  waktu satu bulan untuk menyusun program kerja dan program kerja ini harus sesuai dengan dengan Visi misi Gebu Minang, yaitu Bidang Agama Budaya dan Ekonomi .

Selain pelantikan pengurus DPD Gebu Minang se Sumatera Barat, Gebu Minang Sumbar juga menandatangani kerja sama dengan Bank Nagari untuk pengadaan Kartu Anggota Gebu Minang. Kartu tersebut bisa digunakan untuk transakksi keuangan, menyimpan uang dan kartu identitas pengurus Gebu Minang.

Acara pelatikan Pengurus Gebu Minang se Sumatera Barat di hadiri oleh ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat dan anggota DPD RI asal Sumatera Barat H. Leonardi Harmaini, Ema Yohana, Ketua DPRD Sumbar dan  tokoh tokoh masyarakat Minang yang ada di Sumatera Barat maupun yang ada diperantauan. ** Herman

 

795 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*