Gagal di Jalur Perseorangan, Fakhrizal-Genius Umar Mendaftar ke Koalisi Poros Baru

Fakhrizal dan Genius Umar saat mendaftar ke Koalisi Poros Baru.
Fakhrizal dan Genius Umar saat mendaftar ke Koalisi Poros Baru.

Padang, Editor.- Terkendala masalah verifikasi faktual oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar yang saat ini masih berproses di Bawaslu Sumbar, Fakhrizal-Genius Umar dipastikan maju sebagai bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar setelah Sabtu (8/8/2020) mendaftar ke Koalisi Poros Baru (Golkar, PKB dan Nasdem).

“Saya rasa kawan-kawan media sudah tahu, kami tidak lolos verifikasi faktual kami tidak lolos dengan berbagai permasalahan. Melalui partai politik pun, kami pun mendaftar  karena sejak awal sudah komit untuk maju,” kata Fakhrizal saat konferensi pers usai mendaftar.

Fakhrizal mengatakan, meski dinamika politik bersifat dinamis, hal tersebut tidak akan berpengaruh kepada pasangan Fakhrizal-Genius Umar. Apabila nanti ada keputusan dari Poros Baru untuk memecah Fakhrizal dengan Genius Umar, hal tersebut akan ditolak oleh Fakhrizal.

“Kami mendaftar sekarang ini berdua atau sudah dalam bentuk berpasangan. Jadi permintaan kami kepada Koalisi poros baru pasti berpasangan. Jika dipisahkan, kami pasti menolak,” sebut Fakhrizal.

Penolakan yang dimaksud oleh Fakhrizal yakni jika dipasangkan oleh Koalisi Poros Baru dengan pendaftar lain, dirinya tidak akan menerima tawaran tersebut dan memilih untuk tidak maju Pilkada Sumbar.

“Saya sudah komit, jika tidak dengan Genius Umar, saya tidak akan maju Pilkada Sumbar. Sama denga Pak Genius Umar. Jika tidak dengan saya, beliau juga tidak jadi maju,” katanya.

Alasan untuk terus komitmen berpasangan ini diutarakan Fakhrizal karena maju sebagai calon kepala daerah ini bukan untuk pribadi. Melainkan untuk masyarakat Sumbar sendiri.

“Jika dipasangkan dengan calon lain, program dan rencana telah kami bangun berdua untuk masyarakat Sumbar bisa tidak terealisasi. Bel tentu ada kesepahaman antara saya dengan calon lain tersebut. Contohnya 17 program yang telah kami rancang berdua, akan mudah dinikmati masyarakat Sumbar jika tetap berpasangan dan terpilih menjadi Gubernur – Wakil Gubernur Sumbar nantinya,” kata Fakhrizal.

Sebelumnya, Fakhrizal – Genius maju dari jalur perseorangan untuk Pilkada Sumatera Barat tahun 2020. Namun di saat verifikasi faktual, KPU Sumbar menyatakan dukungan untuk Fakhrizal-Genius Umar kurang dan butuh perbaikan dukungan.

Namun, Fakhrizal – Genius Umar memilih untuk tidak memperbaiki dukungan. Melainkan mensengketakan KPU Sumbar ke Bawaslu dan DKPP RI. Sampai saat ini, proses sengketa ini masih berjalan di dua instansi pengawas pemilu ini.** Agusmardi

182 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*