FWP Padang Gelar Pelatihan Jurnalistik, “Menulis Selancar Berbicara”

Padang, Editor.- Kecenderungan pengguna media sosial dalam menyalurkan karya tulis, begitu bebas dan kurang terarah. Diperkirakan hal itu berdampak negatif terhadap kehidupan sosial. Untuk itu perlu arahan dan tuntunan untuk mengakomodir, sehingga dapat memberikan tuntunan yang baik.

Forum Wartawan Parlemen (FWP) Kota Padang, melalui kegiatan pelatihan jurnalistik yang  bertema “menulis selancar berbicara” berupaya merangkul dan memberikan pemahaman.

Pelatihan bagi mahasiswa dan pelajar sebagian sekolah menengah atas di Kota Padang diadakan selama 2 hari, dari tanggal 21-22 Desember 2016, yang diselenggarakan disalah satu hotel jalan Siteba.

Dihadiri Wakil Walikota Padang Emzalmi, Ketua Komisi IV DPRD Surya Jufri Ritel bersama Sekretaris Komisi  Iswandi, Ketua PWI Sumbar Basril Basar, beserta undangan lainnya kegiatan tesebut sangat diantusiasi peserta.

Wakil Walikota Padang Emzalmi yang membuka langsung kegitan pelatihan jurnalistik, dalam sambutannya menegaskan Pemerintah Kota Padang sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan yang diselenggarakan FWP Padang. Ini merupakan kegiatan yang berdampak sangat positif bagi generasi bangsa khususnya para pelajar, apalagi dengan maraknya perkembangan media sosial. Tentunya diperlukan arahan dan etika bagi mereka dalam menyampaikan hasil pikirannya yang dituangkan dalam bentuk tulisan.

Dan melalui kegiatan ini, akan lahir dan tersaring kaderisasi jurnalis jurnalis profesional, beretika dan bermanfaat bagi masyarakat dan Pemerintah kedepannya. “Saya harapkan generasi muda di Kota Padang agar tidak terjerumus lebih dalam dalam perilaku menyimpang, seperti pergaulan bebas, narkoba serta perilaku yang melawan hukum,”kata Emzalmi yang juga Ketua BNK Padang.

“Tingginya kasus penyalahgunaan narkoba adalah ancaman serius bagi generasi muda bangsa. Perlu menggandeng seluruh elemen masyarakat untuk turut berperan memerangi peredaran narkoba. Kepada seluruh pelajar yang mengikuti kegiatan ini agar dapat menjauhkan diri narkoba,”harap Emzalmi.

Ketua FWP DPRD Padang, Dasrul mengatakan, sebagai seorang jurnalis, selain bertugas memberitakan, FWP DPRD Padang juga harus bisa merangkul genarasi muda ini ke arah yang lebih baik, dengan cara menyalurkan kegemaran mereka dengan menggunakan teknologi ini ke ranah yang lebih positif.

Melalui pelatihan jurnalistik ini diharapkan para pelajar dan mahasiswa dapat menjadi seorang jurnalis warga yang sesuai dengan kaidah Jurnalistik, dilandaskan dengan Undang -Undang no 40 tentang Pers, serta tidak melabrak Undang-Undang Teknologi (ITE). “Dari tema ini kita menginginkan nantinya para peserta pelatihan ini dapat menceritakan tentang pengamatannya terhadap lingkungan lewat tulisan, selancar mereka menceritakannya lewat lisan,” ungkapnya.

Terakhir disampaikan, dalam pelatihan nanti, di samping ada penyampaian materi kepenulisan dan diskusi, peserta juga akan dibawa untuk praktek lapangan. Saat praktek lapangan peserta akan disuguhkan game-game ringan hingga peserta tidak bosan. “Para peserta pelatihan akan kita bekali sertifikat pelatihan jurnalistik. Mudah-mudahan mereka dapat menjadi perpanjangan tangan pemateri untuk komunitas menulis di sekolah masing-masing,” pungkasnya.** Arman/FWP

 

702 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*