Fraksi Fraksi DPRD Sumbar Dorong Pemerintah Untuk Tingkatkan Pendapatan

Suasana Rapat paripurna DPRD Sumbar

Padang, Editor.- Fraksi Fraksi mendorong Pemerintah daerah  untuk lebih kreatif dan inovatif mengupayakan peningkatan pendapatan daerah, terutama yang bersumber dari PAD.

Hal ini disampaikan Ketua DPRD Sumbar Supardi dalam rapat paripurna DPRD Sumbar, dengan acara penyampaian jawaban Gubernur atas pandangan Umum Fraksi terhadap Ranperda tentang APBD Sumatera Barat  Tahun 2020, Jumat (1/11/2019).

Pertumbuhan ekonomi global pada tahun 2020 akan mengalami perlambatan. Kondisi ini akan berdampak terhadap ekonomi nasional dan daerah. Sehubungan dengan hal tersebut, fraksi fraksi menanyakan bagaimana upaya dan antisipasi yang dilakukan oleh pemerintah daerah dalam menghadapi kondisi yang sangat berdampak terhadap penerimaan daerah.

Aloksi belanja dalam Ranperda APBD  Tahun 2020 sama seperti APBD tahun tahun sebelumnya masih belum proposional, dimana alokasi belanja tidak langsung jauh lebih besar dari belanja langsung. Untuk itu fraksi fraksi mendorong pemerinrtah daerah untuk dapat menyeimbangkan distribusi alokasi anggaran dengan memberikan prioritas pada belanja langsung yang berdampak langsung pula  kepada pertumbuhan ekonomi dan pembangunan daerah.

Pada tahun 2020 cukup banyak event event nasional yang dilaksanakan di Sumatera Barat. Seperti MTQ, Harganas, Penastani, Tour de Singkarak dan Pilkada serentak. Untuk penyelenggraan event event tersebut cukup besar anggaran  yang dibutuhkan, padahal kegiatan tersebut tidak masuk dalam prioritas pembangunan daerah dalam RPJMD.

Kondisi ini menurut Supardi akan berdampak terhadap pencapaian target kinerja pembangunan daerah, karena banyak alokasi anggaran yang dialihkan. Terhadap kondisi tersebut, fraksi fraksi menanyakan bagaimana antisipasi yang dilakukan oleh pemerintah daerah, agar pelaksanaan event event nasional tersebut tidak mengganggu pencapaian terget kinerja pembangunan daerah.

Supardi juga mengemukakan, pemerintah daerah perlu mensinergikan program prioritas pembangunan daerah yang akan dilaksanakan pada tahun 2020 dengan program perioritas nasional tahun 2020. Sebagaimana diamanatkan dalam Permendagri Nomor 33 Tahun 2019 tentang pedoman penyusunan APBD Tahun 2020.

Sinergisitas program daerah dan nasional ,sangat diperlukan dalam rangka meningkatkan efektivitas dan efisiensi penyelenggraan pembangunan daerah. Pengalokasian anggran pada program perioritas perlu disesuaikan dengan  hasil evaluasi terhadap capaian terget kinerja RPJMD, karena Tahun  2020,merupakan tahun keempat dari RPJMD Provinsi Sumatera Barat.

Rapat paripurna ini dipimpin oleh Ketua DPRD Sumbar Supardi yang dihadiri oleh Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit, Anggota Forkopimda, Pimpinan OPD di jajaran Pemprov Sumbar dan undangan lainnya. ** Herman

154 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*