Fraksi-Fraksi di DPRD Sumbar, Dukung Ranperda Garam Beryodium

Padang, Editor.- Fraksi fraksi di DPRD Sumbar sangat mendukung dibentuknya Ranperda tentang penanggulangan gangguan akibat kekurangan garam beryodium, sebagai upaya yang sistematis, terencana dan terprogram dalam penanganan penyakit akibat kekurangan garam beryodium di Sumatera Barat.

Hal ini disampaikan Wakil Ketua DPRD Ir Arkadius  Dt Intan Bano,   Senin  (18 /12) dalam rapat paripurna DPRD Provinsi Sumatara Barat, dengan acara penyampaian jawaban gubernur atas pandangan umum fraksi fraksi DPRD terhadap 3 Ranperda dan pembentukan pansus.

Menurut Arkadius, terkait dengan muatan yang terkandung dalam Ranperda tersebut, fraksi fraksi menanyakan langkah dan strategi pemerintah daerah untuk memenuhi ketersediaan garam beryodium yang sesuai dengan standar SNI di Sumatera Barat.

Terhadap ranperda tentang pengelolaan Barang Milik Daerah yang merupakan pengganti dari Perda Nomor 6 tahun   2007, fraksi fraksi mengharapkan kiranya pengelolaan dan penataan barang milik daerah dapat menjadi lebih baik.

Aset pemerintah daerah harus dikelola  dengan baik, apalagi dengan adanya pelimpahan 11 sub urusan kewenangan dari kabupaten/kota yang juga diiringi dengan penyerahan aset. Untuk itu diperlukan adanya inovasi dalam pengelolaan aset, agar aset aset tersebut dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan PAD .

Sedangkan terhadap Ranperda tentang perubahan atas Perda Nomor 1 Tahun 2011 tentang retribusi jasa umum, fraksi fraksi memberikan masukan, tujuan dari penguatan retribusi jasa pengelolaan sampah yang menjadi objek  retrebusi baru yang akan diatur dalam Ranperda tersebut. Tidak hanya mementingkan aspek pendapatan akan tetapi yang lebih utama adalah bagaimana pengelolaan sampah di TPA regional dapat ditata dengan baik dengan tetap memperhatikan dan memberdayakan masyarakat disekitar lokasi TPA ujar, Arkadius.

Nota Jawaban Gubernur Sumbar pada rapat paripurna ini disampaikan oleh wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit. Acara rapat paripurna ini dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Sumbar Ir Arkadius Dt Intan Bano yang dihadiri oleh OPD di jajaran Pemprov Sumbar, Anggota Forkopimda dan undangan lainnya. ** Herman

 

928 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*