Forikan Wadah Koordinasi Untuk Efektifkan Gemarikan

Padang, Editor.- Ny. Nevi Irwan Prayitno membuka kegiatan Expose Program Forikan Kabupaten/Kota se Sumatera Barat, di Aula Kantor PKK, Kamis (20/4). Kegiatan ini dihadiri 19 Kabupaten/Kota se Provinsi Sumatera Barat, Forikan dibentuk sebagai wadah koordinasi untuk lebih mengefektifkan Gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) yang telah menjadi program Nasional untuk meningkatkan konsumsi ikan nasional.

Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) dicanangkan tahun 2004 oleh presiden R.I sebagai program nasional yang implementasinya dilaksanakan oleh seluruh sektor terkait baik pemerintah,swasta, organisasi profesional maupun masyarakat luas.

“Gemarikan bertujuan untuk mensosialisasikan manfaat makan ikan terhadap masyarakat. Ikan sebagai salah satu sumber protein hewani memiliki keunggulan dibanding sumber protein lainnya. Dengan adanya expose ini kita lihat sejauh mana Kabupaten/Kota memberikan masukan perihal kondisi, permasalahan, upaya, strategi dan implementasi peningkatan konsumsi ikan di daerahnya,” jelas Ny.Nevi Irwan Prayitno.

Lebih lanjut dikatakan, karena kegiatan ini adalah program nasional yang merupakan sebuah gerakan moral yang memotivasi masyarakat untuk mengkonsumsi ikan secara teratur dalam jumlah yang disyaratkan.Banyak program serta upaya dan kegiatan yang akan dilakukan sebagai sosialisasi kegiatan forikan seperti, lomba implementasi kinerja forikan daerah, lomba implementasi gemarikan pada kurikulum PAUD, lomba implementasi gemarikan pada rumah makan yang menyajikan menu ikan.

“Semoga dengan adanya  upaya-upaya yang  kita lakukan guna meningkatkan konsumsi makan ikan ini juga   dapat meraih nominasi di tingkat nasional nantinya,” kata Nevi. ** Hms/Nayu

989 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*