FORDA Pelangi Kabupaten Tanah Datar Ikuti Sosialisasi

Sosialisasi peduli anak di Batusangkar.
Sosialisasi peduli anak di Batusangkar.

Batusangkar, Editor.- Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Tanah Datar melaksanakan acara Sosialisasi untuk  Forum Anak Daerah (FORDA) Pelangi Kabupaten Tanah Datar, Kamis (5/4)m bertempat di Aula Kantor Bupati Tanah Datar.

Kegiatan dibuka Kadis Sosial PPPA diwakili Kabid Pencegahan Penanganan Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak, Sumsum Horda yang  didampingi oleh  Kasi Pemenuhan Hak Anak Bulqis .

Sumsum Horda dalam  arahannya memaparkan, tindak kekerasan terhadap anak saat ini semangkin marak terjadi di Indonesia dan tidak terkecuali di Kabupaten Tanah Datar,  Untuk itu kita perlu meminilisir  kekerasan terhadap anak tersebut dengan melakukan kegiatan sosialisasi seperti saat ini.

Disamping itu,  FORDA Pelangi sudah lama  terbentuk dan mempunyai pengurus baru periode 2015 -2017. Dengan  telah  terbentuk kepengurusan yang baru untuk periode 2018 – 2020, telah bisa dilakukan sosialisasi guna menambah wawasan bagi anggota FORDA Pelangi. Selain wawasan, sosialisasi ini diharapkan bisa menjadi awal sebagai benteng pertahanan anak generasi muda agar terhindar dari tindak kekerasan.

“Sosialisasi untuk memberikan pemahaman bahwa FORDA dapat meningkatkan kreatifitas dan pengembangan diri anak, Sehingga bisa mengisi waktu luang dengan kegiatan yang bermanfaat, sehingga tidak terjerumus terhadap kegiatan negatif,” ujarnya.

Menurut Sumsum Horda, kegiatan sosialisasi juga bertujuan untuk menumbuhkan semangat anggota FORDA Pelangi untuk menjadi pelopor perlindungan anak. Adapun Sumsum Horda

Nara Sumber Dalam Sosialisasi  ini dihadirkan  Wanda Leksmana dari Yayasan Ruandu Foundation Padang dengan peserta dari siswa SMA, MAN dan SMK  dari  beberapa kecamatan  yang ada di Tanah Datar.

“Kita mengharapkan  agar  saudara-saudara  bisa  menjadi pelopor dan garda terdepan dalam melaksanakan sosialisasi perlindungan anak di kecamatan saudara, yang mana  saat ini FORDA  sudah terbentuk di 3 Kecamatan dan Insya Allah tahun ini akan dibentuk di 3 Kecamatan lain,” harap Sumsum pada peserta sosialisasi.

Sementara Kasi Pemenuhan Hak Anak Bulqis dalam sambutannya menyatakan, Tanah Datar tahun 2017 sudah memperoleh prestasi sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA) Prediket Pratama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Pemberdayaan Anak (PPA) RI Tahun 2017.

“Ini merupakan suatu motivasi bagi kita dan hendaknya  bisa dipertahankan dan tetap mengedepankan aksi nyata dalam mengurangi tindak kekerasan terhadap anak, Untuk itu harus dari kita terlebih  dadulu melaksanakannya dengan dukungan  seluruh masyarakat, agar kekerasan terhadap anak tidak akan terjadi lagi terutama di wilayah Kabupaten Tanah Data,r” ujar Bulqis. ** Jum

 

587 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*